Pegiat Medsos Ditahan

Tie Saranani Dijebloskan ke Penjara Usai Terjerat Kasus Pencemaran Nama Baik Rektor UHO Kendari

Tie Saranani ditangkap setelah 3 tahun buron kasus pencemaran nama baik Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu pada 2019 lalu.

Penulis: Fadli Aksar | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Tie Saranani ditangkap setelah 3 tahun buron kasus pencemaran nama baik Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu pada 2019 lalu. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Tie Saranani ditangkap setelah 3 tahun buron kasus pencemaran nama baik Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu pada 2019 lalu.

Sebelumnya, wanita pegiat media sosial yang kerap mengkritik pemerintah ini ditangkap Seksi Intelijen Kejari Kendari pada saat menghadiri acara keluarga di rumah makan di Kota Kendari.

Wanita dengan nama lengkap Titin Suryana Saranani ini dibekuk di Dermaga The Raja, dekat Kantor DPRD Kendari, Jl Madusila, Anduonohu, Poasia, Kendari, Sultra, pada Sabtu (12/2/2022).

Pegiat media sosial ini jadi buronan Korps Adhyaksa seusai putusan banding Pengadilan Tinggi Kendari (Sultra) Nomor: 82/Pid.Sus/2019/PT Kendari.

Diketahui, putusan banding itu menguatkan vonis Pengadilan Negeri Kendari yang menyatakan Tie Saranani bersalah.

Baca juga: Kronologi Penangkapan Tie Saranani, Dibuntuti Sejak Jam 9 Malam hingga Dini Hari di Rumah Makan

Tie Saranani divonis empat bulan penjara dan denda Rp5 juta subsider atau hukuman pengganti tiga bulan kurungan.

Kepala Seksi Intelijen atau Kasi Intel Kejari Kendari, Bustanil Najamuddin mengatakan, penangkapan Tie Saranani berdasarkan putusan banding yang berkekuatan hukum tetap.

"Tie Saranani sudah dipanggil secara patut untuk menjalani eksekusi pemidanaan, tapi tidak pernah datang, jadi ditetapkanlah DPO sejak 2019," jelasnya saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (12/2/2022).

Data yang dihimpun TribunnewsSultra.com, Tie Saranani dilaporkan di Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) oleh Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu pada April 2018 lalu.

Prof Muhammad Zamrun Firihu  melaporkan Tie Saranani ke Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sultra karena tak terima cuitan wanita tersebut di Facebook.

Kronologi Penangkapan Tie Saranani, Dibuntuti Sejak Jam 9 Malam hingga Dini Hari di Rumah Makan
Kronologi Penangkapan Tie Saranani, Dibuntuti Sejak Jam 9 Malam hingga Dini Hari di Rumah Makan (Istimewa)

Tie Saranani, dalam unggahan akun Facebooknya menuduh Prof Muhammad Zamrun Firihu berijazah dari hasil plagiat karya tulis.

Sebulan berikutnya setelah dilaporkan Rektor UHO Kendari, Polda Sultra menetapkan Tie Saranani sebagai tersangka.

Tie Saranani disangkakan melanggar Pasal 45 ayat 3, juncto Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 11 Tahun 2018 tentang ITE.

DPO Polda Sultra

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved