Berita Kendari

Pemerintah Kota Kendari Dukung Kelompok Tani Maksimalkan Hasil Pertanian, Tingkatkan Perekonomian

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan Pemerintah Kota Kendari mendukung kelompok tani mengembangkan potensi hasil pertanian.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan Pemerintah Kota Kendari mendukung kelompok tani mengembangkan potensi hasil pertanian. Hal ini disampaikan usai memanen buah salak di Kebun Kelompok Tani Tunas Baru di Jalan Kebun Raya, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (28/1/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan Pemerintah Kota Kendari mendukung kelompok tani mengembangkan potensi hasil pertanian.

Hal ini disampaikan usai memanen buah salak di Kebun Kelompok Tani Tunas Baru di Jalan Kebun Raya, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (28/1/2022).

Menurutnya, dengan pendampingan pemerintah petani tak hanya bisa menghasilkan melainkan dapat mengembangkan potensi lainnya seperti skala industri.

Sehingga, petani perkebunan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa memaksimalkan pemanfaatan dan meningkatkan nilai ekonominya.

"Tentunya bisa menjadi sumber penghidupan baru bagi masyarakat di Kota Kendari. Termasuk salak ini, saya berharap bisa naik jadi skala industri supaya bisa punya nilai ekonomis yang lebih baik," katanya.

Baca juga: Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir Optimis Bisa Capai Semua Target Vaksinasi Akhir Januari 2022

Lanjutnya, diharapkan pula para petani menjadi semangat, khususnya para petani muda sebagai generasi penerus.

"Kami dorong ke sana, mudah-mudahan dengan nilai ekonomis kami tingkatkan, nanti makin banyak generasi muda berminat mengembangkan potensi pertanian di Kota Kendari," katanya.

"Supaya tidak ada lagi yang berpikiran bertani itu kurang bergengsi," tambah Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Sitti Ganef mengatakan selain produksi padi, juga terdapat tanaman buah-buahan sudah memberikan kontribusi kepada pendapatan masyarakat Kota Kendari.

Salah satunya seperti buah salak Kelompok Tani Tunas Baru yang beralamat di Jalan Kebun Raya, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari.

Baca juga: Pengalaman Wali Kota Kendari Gunakan Mobil Listrik, Banyak Keunggulan, Salah Satunya Lebih Hemat

"Hari ini kami panen buah salak dengan luas 0,5 hektar," ucapnya.

Di mana jumlah tanaman salak di Kelompok Tani Tunas Baru ini sebanyak 300 rumpun dengan produksi sekira 15 kg per hari atau sekira 2.700 kg per tahun.

Kata dia, buah salak ini secara rutin dipasarkan melalui Pasar Tani yang dilaksanakan di depan Kantor Dinas Pertanian Kota Kendari setiap hari Jumat, serta di pasar-pasar tradisional di Kota Kendari.

Selain itu, untuk meningkatkan daya tarik pengunjung ke lokasi kebun buah salak ini, pihak pengelola membuat kolam pemancingan ikan air tawar seperti Mujair, Lele Bawal, Ikan Mas, Gurami dan Patin. (*)

(TribunnrwsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved