Breaking News:

Berita Bombana

Kasus Dugaan Kejahatan Lingkungan di Bombana Sultra, PT Trias Jaya Agung Menambang Tanpa Izin

PT Trias Jaya Agung di Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diduga melakukan kasus kejahatan lingkungan.

Penulis: Fadli Aksar | Editor: Sitti Nurmalasari
handover
PT Trias Jaya Agung di Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diduga melakukan kasus kejahatan lingkungan. Kasus ini pun sudah bergulir di meja hijau Pengadilan Negeri Pasarwajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sultra dengan Nomor Perkara: 165/Pid.B/LH/2021/PN Pasarwajo. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - PT Trias Jaya Agung di Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diduga melakukan kasus kejahatan lingkungan.

Pasalnya, PT Trias Jaya Agung diduga menambang tanpa Izin Usaha Pertambangan (IUP), Izin Pertambangan Rakyat (IPR), dan IUP Khusus.

Kasus dugaan kejahatan lingkungan akibat penambangan nikel ini terjadi di Kelurahan Rahampuu, Kecamatan Kabaena, Kabupaten Bombana, Provinsi Sultra.

Kasus ini pun sudah bergulir di meja hijau Pengadilan Negeri Pasarwajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sultra dengan Nomor Perkara: 165/Pid.B/LH/2021/PN Pasarwajo.

Direktur Utama PT Trias Jaya Agung Ashar Imran menjadi satu-satunya terdakwa dalam kasus dugaan kejahatan lingkungan tersebut.

Baca juga: DPRD Sulawesi Tenggara Dukung Langkah Pemerintah Warning Perusahaan Tambang Belum Lapor RKAB 2022

Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Pasarwajo, kasus ini didaftarkan pada 3 November 2021.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bombana, membacakan surat dakwaan terhadap Ashar Imran pada 10 November 2021 lalu.

"PT Trias Jaya Agung melakukan usaha pertambangan tanpa IUP, IPR, dan IUPK," tulis di SIPP Pengadilan Negeri Pasarwajo.

Juru Bicara Pengadilan Negeri Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Fudianto membenarkan isi SIPP tersebut.

Fudianto mengatakan, dari saksi-saksi yang dihadirkan, penyidikan kasus PT Trias Jaya Agung ditangani oleh Bareskrim Mabes Polri.

Baca juga: Daftar Perusahaan Tambang Nikel di Konawe Utara Sulawesi Tenggara, BPS Sebut Terbanyak di Sultra

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved