Breaking News:

Berita Konawe

Dikbud Konawe Sebut Penetapan Makam Raja Pakandeate sebagai Cagar Budaya Butuh Rekomendasi TACB

Penetapan Makam Raja Pakandeate sebagai situs cagar budaya di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) perlu rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Arman Tosepu
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Dr Suriyadi 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Penetapan Makam Raja Pakandeate sebagai situs cagar budaya di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) perlu rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Dr Suriyadi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/1/2022).

"Persoalan penetapan harus ada rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya. Di Konawe ada TACB yang sudah memiliki sertifikat," kata Suriyadi, Selasa (11/01/2022).

Ia menambahkan TACB nantinya akan bekerja sama dengan pakar dan akademisi untuk melakukan verifikasi terkait makam tersebut.

Dr Suriyadi melanjutkan, hingga saat ini belum ada penetapan makam itu sebagai situs cagar budaya termasuk luas lahannya.

Baca juga: Seorang Kepala Desa di Konawe Ikut Demo Dinas Pendidikan, Penyerobotan Lahan Makam Raja Pakandeate

Meskipun demikian, kata dia, Makam Raja Pakandeate yang terletak di Desa Lerehoma, Kecamatan Anggaberi, Konawe, Sultra memenuhi syarat untuk menjadi situs cagar budaya.

"Sangat memenuhi syarat karena dari sisi nilai edukasinya sangat jelas bahwa mengandung makna pengetahuan di dalamnya," sebutnya.

Selain itu, faktor lainnya adalah makam tersebut yang telah memiliki usia di atas 50 tahun serta kesaksian tokoh masyarakat setempat yang valid.

Seusai dilakukan verifikasi makam, TACB akan mengeluarkan rekomendasi. Selajutnya diregistrasi dan dibawa ke Balai Cagar Budaya di Makassar untuk ditetapkan sebagai situs cagar budaya.

"Makanya nanti ini RDP (Rapat Dengar Pendapat) saya akan gandeng akademisi," jelasnya.

Baca juga: Soal Dugaan Penyerobotan Lahan Makam Raja Pakandeate, DPRD Konawe Bakal Gelar Rapat Dengar Pendapat

Dr Suriyadi menegaskan, TACB juga akan secepatnya bekerja melakukan tugasnya untuk proses penetapan makam tersebut. (*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved