Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca BMKG di Sultra Hari Ini 7 Januari 2022 Ada 26 Wilayah Turun Hujan dan Angin Kencang

Berdasarkan hasil prakiraan cuaca pemantauan radar cuaca, BMKG memprediksi 19 wilayah diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir hari ini

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Muhammad Israjab
Israjab
prakiraan cuaca di wilayah Sulawesi Tenggara dan sekitarnya sesuai rilis dari BMKG hari ini, Jumat (7/1/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Berikut update prakiraan cuaca di wilayah Sulawesi Tenggara dan sekitarnya sesuai rilis dari BMKG hari ini, Jumat (7/1/2022).

Dikutip Tribunjogja.com prakiraan cuaca dari laman BMKG, web.meteo.bmkg.go.id, hujan diprediksi masih akan mengguyur sebagian besar wilayah di Indonesia pada hari ini, termasuk di Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan hasil prakiraan cuaca pemantauan radar cuaca, BMKG memprediksi 19 wilayah akan diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada hari ini.

Kemudian tujuh wilayah lainnyan diprediksi akan diguyur hujan disertai angin kencang dan petir.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG 6 Januari di Sulawesi Tenggara, Hujan Lebat & Angin Kencang di Wilayah ini

BMKG pun sudah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di 26 wilayah yang berpotensi turun hujan disertai angin kencang dan petir tersebut.

Sehingga warga di wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang dipicu dari cuaca ekstrem.

Potensi cuaca ekstrem di 26 wilayah pada hari ini menurut BMKG dipicu oleh adanya sirkulasi siklonik di Laut Natuna bagian timur dan di Samudra Hindia barat daya Lampung.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Prakiraan Cuaca Ekstrim 6 Januari 2022, Hujan Disertai Pertir & Angin Kencang

Sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Laut Natuna bagian timur.

Di Samudra Hindia barat Sumatera Barat-Bengkulu, dan di Samudra Hindia barat daya Banten.

Selain sirkulasi siklonik, cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia juga dipicu adanya daerah konvergensi juga terpantau memanjang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved