Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Sekda Sultra Sebut Penyetaraan Jabatan Fungsional Tingkatkan Kinerja dan Profesionalisme ASN

Penyetaraan jabatan administrasi menjadi jabatan fungsional merupakan upaya meningkatkan kinerja dan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN).

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Nur Endang Abbas 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Penyetaraan jabatan administrasi menjadi jabatan fungsional merupakan upaya meningkatkan kinerja dan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Endang Abbas di Kendari, Sultra, Rabu (5/1/2022).

Selain itu, Nur Endang Abbas menyatakan pemerintah ingin melakukan reformasi birokrasi dalam pemerintahan dengan penyederhanaan jabatan administrasi ke jabatan fungsional.

"Dengan penyederhanaan jabatan administrasi ke jabatan fungsional para ASN bisa meningkatkan kinerja mereka melalui kredit poin," kata Sekda Sultra Nur Endang Abbas.

"Bukannya mengandalkan kedekatan dengan pimpinan atau pejabat untuk meningkatkan kinerja sehingga pengambilan keputusan di birokrasi lebih dinamis," tambah Nur Endang Abbas.

Baca juga: Viral Siswa SMP di Konawe Selatan Sulawesi Tenggara Terbangkan Drone dari Rakitan Mainan Pesawat

Nur Endang Abbas menjelaskan, dengan penyetaraan ini juga menjadi upaya pemerintah dalam menciptakan Aparatur Sipil Negara atau ASN yang berkelas dunia.

Menurutnya dengan tantangan itu, maka setiap ASN yang menduduki jabatan fungsional akan lebih meningkatkan kapasitas dan kompetensi.

Sekda Sultra mengaku bersyukur Sulawesi Tenggara masuk dalam 19 daerah yang birokrasinya dilakukan penyederhanaan jabatan tersebut.

"Artinya pemerintah memang menjadikan Sulawesi Tenggara sebagai percontohan untuk penyetaraan birokrasi," ujar Nur Endang Abbas.

Kata dia, dengan upaya itu pula, pemerintah mempersiapkan ASN berkelas dunia, karena para pegawai hanya menjalankan tugas sesuai dengan jabatan yang diemban jika berada di jabatan administrasi.

Baca juga: Sempat Viral Gegara Karangan Bunga, Profil Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Kini Terjaring OTT KPK

"Namun dengan menduduki jabatan fungsional, maka mereka bisa melakukan lebih dari satu pekerjaan, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja," jelas mantan Kepala BKD Sultra ini.

"Kemudian para pegawai atau ASN nantinya bisa lebih fokus, mandiri, dan kreatif untuk mencapai reformasi birokrasi," tutur Nur Endang Abbas. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved