Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Mantan Kadishub Sultra Divonis Bebas, Kajati Sultra Yakin Hado Hasina Bersalah, Bakal Ajukan Kasasi

Eks Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra) Hado Hasina divonis bebas Hakim Pengadilan Tipikor Kendari.

Penulis: Fadli Aksar | Editor: Sitti Nurmalasari
Foto Kolase
Mantan Kadishub Sultra Hado Hasina dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra Sarjono Turin 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Eks Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra) Hado Hasina divonis bebas Hakim Pengadilan Tipikor Kendari.

Hado Hasina dinyatakan tidak bersalah dalam kasus proyek studi rekayasa lalu lintas di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sultra, pada 2017 lalu.

Humas Pengadilan Negeri Kendari, Ahmad Yani mengatakan, putusan tersebut dijatuhkan pada Jumat 24 Desember 2021 lalu.

Ia menyebut, Hado Hasina lolos dari jeratan hukum majelis hakim Pengadilan Negeri Kendari karena dakwaan jaksa terkait adanya kerugian negara tidak terbukti.

Sebab, Hado Hasina, kata Ahmad Yani, tidak dibebani tanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan terdakwa lain LMNA dari LPPM UHO.

Baca juga: Kadin Sultra Kerja Sama UHO Kendari, BLK, Perbankan, hingga Forum UKM dan IKM, Genjot Perekonomian

"Pekerjaan itu telah selesai dan diterima oleh Ketua LPPM UHO, telah diversifikasi dan hasilnya sesuai dengan kontrak," kata Ahmad Yani saat dihubungi melalui WhatsApp Messenger, Kamis (30/12/2021).

Sementara, terdakwa lain yakni dosen UHO, berinisial LMNA terbukti bersalah dan divonis 1,5 tahun penjara, lebih ringan 6 bulan dari tuntutan jaksa yaitu 2 tahun.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra Sarjono Turin menegaskan akan mengajukan kasasi atas putusan tersebut.

"Kami akan melakukan upaya hukum kasasi, yakin boleh dikata, seribu persen terbukti. Bagaimana mungkin dua orang melakukan permufakatan, satunya dihukum yang lain bebas," tegas Sarjono, Kamis (30/12/2021).

Sarjono mengaku aneh dengan putusan hakim tersebut, meski begitu, dirinya menghargai penjatuhan vonis itu.

Baca juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Cegah Penyakit Kronis, Kenali 4 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved