Breaking News:

Berita Konawe Selatan

Pengusaha Lokal Konawe Selatan Diminta Lebih Berperan Menumbuhkan Investasi di Konsel Sultra

Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) meminta pengusaha lokal lebih berperan dalam menumbuhkan investasi di daerah.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Sekretaris Daerah Konawe Selatan, Sjarif meminta pengusaha lokal Konsel lebih berperan dalam menumbuhkan investasi di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal tersebut disampaikan dalam Musyawarah Kabupaten III Kadin Konsel, Sultra di Wonua Monapa Resort, Selasa (28/12/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA. COM, KENDARI - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) meminta pengusaha lokal lebih berperan dalam menumbuhkan investasi di daerah.

Apalagi dengan adanya Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sekretaris Daerah Konsel, Sjarif mengatakan berdasarkan Undang- Undang Nomor 1 Tahun 1987, Kadin merupakan satu-satunya organisasi yang mewadahi pengusaha, khususnya pengusaha lokal.

"Hal itu juga yang menjadi landasan organisasi, AD/ART Kadin yang disahkan melalui Keppres RI No 17 Tahun 2022," ucapanya, Selasa (28/12/2021).

Sjarif menambahkan, sebagai wadah pengusaha, saatnya Kadin Konsel giat membantu, membangun dan meletakkan perekonomian bangsa melalui peran aktif pengusaha lokal dalam dunia investasi.

Baca juga: Kecamatan Abeli Tertinggi Kasus Stunting di Kendari, Pemkot Tangani dengan Benahi Kawasan Kumuh

Khususnya, kata Sekretaris Daerah Konsel, pada sektor pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, pariwisata, dan pertambangan.

"Kondisi perekonomian Konsel secara potensial sangat menarik bagi dunia investasi pada semua sektor," ujar Sjarif.

"Makanya, pengusaha lokal harus bisa bermitra dan mengambil peran dalam investasi tersebut, agar tidak hanya menjadi penonton di daerahnya sendiri," tambahnya.

Lanjut Sjarif, Kadin Konawe Selatan sebagai mitra pemerintah daerah, dapat berperan melalui sinergi pemulihan ekonomi.

Untuk menentukan sektor usaha mana yang perlu dimaksimalkan atas dasar prinsip inklusif dan kolaboratif.

Baca juga: Lowongan Kerja Richeese Factory Kendari Buka Loker Crew Outlet, Kualifikasi dan Kelengkapan Berkas

Selain itu, optimalisasi peran Kadin selaku mitra strategis pemerintah sangat dibutuhkan dalam menyukseskan pembangunan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

"Sehingga berharap terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi di Konsel, Sulawesi Tenggara," kata Sekretaris Daerah Konawe Selatan. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved