Breaking News:

Berita Konawe

Kronologi Konflik Lahan di Desa Unggulino Konawe, DPRD dan Polres Dinilai Terkesan Membiarkan

Inilah kronologi terjadinya konflik lahan di Desa Unggulino, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Arman Tosepu
Kronologi konflik lahan yang disampaikan puluhan warga dan Pemerintah Desa Unggulino, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat menggelar unjuk rasa di Gedung DPRD Konawe, Kamis (16/12/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Inilah kronologi terjadinya konflik lahan di Desa Unggulino, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kronologi itu berdasarkan sudut pandang warga dan Pemerintah Desa Unggulino yang menggelar aksi unjuk rasa di DPRD Konawe, Sultra, Kamis (16/12/2021).

Dilansir dari pernyataan sikap massa aksi tersebut, berikut kronologi yang dipaparkan warga dan Pemerintah Desa Unggulino, Puriala, Konawe, Sultra.

Di tahun 2019 telah terjadi pembuatan Surat Keterangan Kepemilikan Tanah (SKKT) yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Unggulino beserta beberapa oknum masyarakat setempat.

Diketahui pembuatan SKKT tersebut untuk melegalkan proses pembelian tanah oleh PT Agri Cassava Makmur.

Baca juga: Pengakuan Kades Unggulino di Konawe, Didatangi Mafia Tanah, Transaksi Jual Beli Tanpa Sepengetahuan

Menyadari akan hal tersebut beberapa tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan mahasiswa menggelar pertemuan di Balai Kecamatan Puriala.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan Puriala yakni Camat, Kapolsek, Danposramil, Bhabinkamtibmas serta masyarakat warga Desa Unggulino itu sendiri.

Kesimpulan dari pertemuan tersebut adalah menolak seluruh aktivitas jual beli tanah di wilayah Desa Unggulino.

Karena cacat secara administrasi maupun dapat menimbulkan konflik horizontal antara sesama warga Desa Unggulino dan sekitarnya.

Untuk mendukung hal tersebut Kepala Desa Unggulino kemudian menerbitkan surat Nomor 140/348/UGL/2019 tertanggal 14 Oktober 2019.

Baca juga: DPRD Konawe Janji Proses Konflik Lahan PT Agri Cassava Makmur dengan Masyarakat Desa Unggulino

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved