Breaking News:

Berita Kendari

Sosok Muhammad Aksen Sultra, Mahasiswa Poltekkes Kendari 3 Kali Mendapat Juara Pekan Ilmiah Nasional

Mahasiswa Poltekkes Kendari, Muhammad Aksen Sultra berkali-kali membawa nama harum Sulawesi Tenggara di kancah nasional.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Muhammad Aksen Sultra, mahasiswa Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan atau Poltekkes Kemenkes Kendari 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Berikut sosok mahasiswa Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan atau Poltekkes Kendari, Muhammad Aksen Sultra,  

Aksen sapaan akrab pria Kelahiran Barangka, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara 27 Juli 2001 silam itu berkali-kali membawa nama harum Sulawesi Tenggara di kancah nasional.

Beberapa prestasinya di bidang akademik ini meliputi membuat bahan alami atau daur ulang dijadikan obat herbal.

Satu diantaranya yakni pada ajang Pekan Ilmiah Nasional Mahasiswa Poltekkes kemenkes se Indonesia 2021 yang ia ikuti pada bulan November 2021 kemarin.

Baca juga: Poltekkes Kendari Gelar Hari Kesehatan Nasional 2021, Inspirasi Masyarakat Sultra Jaga Kesehatan

Aksen dan timnya juga mampu menarik perhatian dewan juri dengan terobosannya memanfaatkan minyak jelantah sebagai pembuatan lilin aromaterapi.

Ia juga pernah bersama dosen pembimbingnya, Reni Yunus berhasil menggarap lotion anti nyamuk (rapelant) sari daun kemangi Pada Edu Health Fair 2021 yang diadakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkes.

Tak hanya itu, Aksen juga sempat mendapatkan gelar juara pada Ajang Mahasiswa berprestasi tingkat nasional pada tahun 2020.

Ia turut menjadi satu dari mahasiswa berprestasi se Indonesia lainnya dengan mampu menghasilkan produk Senna Lotion anti nyamuk (rapelant) sari daun ketepeng cina yang dibimbing langsung oleh dosennya, Theosobia Grace Orno.

Namun, ketiga produk yang membawakan namanya ke tingkat nasional itu rupanya belum menjadi perhatian oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra).

Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medis ini mengatakan ia berharap kasih kepada Pemprov Sultra untuk diberikan wadah.

Baca juga: Dosen & Alumni Poltekkes Kemenkes Kendari Periksa Kesehatan Warga Soropia, Banyak Derita Asam Urat

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved