Breaking News:

Berita Wakatobi

Bank Indonesia Sulawesi Tenggara Genjot Pengembangan Wisata Wakatobi, Libatkan Stakeholder

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendorong pengembangan wisata Kabupaten Wakatobi.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara Bimo Epyanto 

TRIBUNNEWSSULTRA COM, KENDARI - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendorong pengembangan wisata Kabupaten Wakatobi.

Dalam mendorong pengembangan wisata tersebut, Bank Indonesia Sultra telah melakukan kajian pengembangan yang berorientasi pada pariwisata berkualitas.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sultra Bimo Epyanto mengatakan Kabupaten Wakatobi menunjukkan indeks performa quality tourism yang baik untuk wisata yang bernilai tinggi.

Bimo menuturkan, namun indeks performa keberlanjutan masih perlu ditingkatkan seperti pengolahan limbah serta pemberdayaan masyarakat dalam aktivitas bahari.

"Pengembangan UMKM di Wakatobi terkait pariwisata tentunya didukung oleh stakeholder terkait, sejalan dengan hasil kajian dilakukan pembentukan klaster," ucapnya, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Dispar Sulawesi Tenggara Gelar Workshop Seni Pertunjukan, Libatkan 40 Pegiat Seni Kota Kendari

Lebih lanjut, pembentukan klaster antara lain pengembangan klaster Ekraf Sikarimanan melalui pengolahan limbah sampah menjadi kerajinan di Desa Mola Selatan pada tahun 2014-2016.

Kemudian klaster rumput laut di Desa Liya Mawi pada tahun 2017-2019 dan klaster tenun di Desa Pajam yang telah diresmikan tahun 2021 ini dan akan dikembangkan hingga tahun 2024.

"Pengembangan klaster tersebut bertujuan untuk mendorong percepatan pembentukan ekosistem pariwisata di Kabupaten Wakatobi," ujarnya.

Bimo Epyanto menuturkan, pengembangan pariwisata di Wakatobi oleh Bank Indonesia juga tak lepas dari penguatan aspek 3A dan 2P yakni atraksi, amenitas, aksestabilitas, people, dan promotion.

Kata dia, strategi 3A dilakukan untuk dapat memberikan ciri khas dan meningkatkan daya tarik wisatawan.

Baca juga: Wakatobi Raih Penghargaan Kabupaten Kreatif 2021 Kemenparekraf, Bidang Film, Animasi dan Video

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved