Breaking News:

Berita Kendari

Jiwa Bisnis Sasmita Sugiardi Dimulai Sejak SD, Awalnya Jual Es Lilin Buat Jajan, Bayar Biaya Sekolah

Ketua HIPMI Kota Kendari Sasmita Sugiardi mengatakan jiwa bisnisnya mulai terlihat sejak menempuh pendidikan di bangku sekolah dasar.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Sasmita Sugiardi 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Ketua HIPMI Kota Kendari Sasmita Sugiardi mengatakan jiwa bisnisnya mulai terlihat sejak menempuh pendidikan di bangku sekolah dasar.

Katanya, awal mula ia tertarik karena melihat latar belakang keluarganya yakni seorang pedagang, sehingga sudah terbiasa melihat transaksi jual beli serta segala aktivitas di pasar.

Sasmita Sugiardi tak memungkiri saat itu, keluarganya masih sangat kurang dari segi ekonomi. Ia melihat orangtuanya bangun subuh berjualan mencari nafkah demi kebutuhan anak-anaknya.

"Maka dengan kondisi itu tergeraklah hati saya untuk bisa berpenghasilan sendiri setidaknya tak merepotkan orangtua dalam hal jajan," ucapnya, Kamis (2/12/2021).

Dimulai dari kondisi tersebut, Sasmita mulai berpikir apa yang bisa dilakukan dan dijual agar membantu beban orangtua.

Baca juga: HIPMI Kendari Kini Dinahkodai Sasmita Sugiardi, Sulkarnain Kadir Harap Sinergi dengan Pemerintah

Lantas dalam benak Sasmita Sugiardi terpikir untuk berjualan es lilin di sekolah. Karena berjual es lilin ini, ia bisa memenuhi kebutuhan sekolah, termasuk membayar biaya pendidikan. 

"Awalnya pada saat itu saya hanya berpikir untuk memenuhi uang jajan saja sehari-hari, namun ternyata hal itu melampaui ekspektasi sehingga bisa mandiri dalam menempuh pendidikan," ucapnya.

Berawal dari kemandirian itulah, Sasmita menuturkan ia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sejak sekolah dasar.

Tak berhenti sampai di situ, mulai SMP, SMA bahkan hingga menempuh pendidikan di kampus pun ia bisa membayar sendiri biaya pendidikannya.

Selain itu, kata Sasmita, untuk saat ini ia fokus bisnis di dunia kecantikan, fashion dan sebelumnya juga sempat bergerak di bisnis kuliner, serta ada beberapa jenis properti dan jasa.

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kendari resmi dinahkodai Sasmita Sugiardi.
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kendari resmi dinahkodai Sasmita Sugiardi. (TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir)
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved