Breaking News:

Berita Konawe

Pemerintah Kabupaten Konawe Gelar Sosialisasi Penataan Kewenangan Desa

Pemerintah Kabupaten Konawe menggelar sosialisasi Penataan Kewenangan Desa se-Kabupaten Konawe di Hotel Tiga Putra, Senin (29/11/2021).

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Arman Tosepu
Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar Sosialisasi Penataan Kewenangan Desa se-Kabupaten Konawe di Hotel Tiga Putra, Senin (29/11/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Pemerintah Kabupaten Konawe menggelar sosialisasi penataan kewenangan desa se-Kabupaten Konawe di Hotel Tiga Putra, Senin (29/11/2021).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe, Keni Yuga Permana mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan upaya pihaknya dalam mendorong semua desa di Kabupaten Konawe dapat melahirkan peraturan desa tentang kewenangan desa.

"Karena itu merupakan hal yang penting dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 asas rekognisi dan subsidiaritas itu merupakan bentuk nyata pengakuan negara terhadap mereka," kata Keni kepada TribunnewsSultra.com.

Ia melanjutkan, pengakuan itu agar mereka (pemerintah desa) bisa menyelenggarakan urusan pemerintahan, keuangan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, Keni Yuga Permana menyebut, pelaksanaan sosialisasi ini juga direncanakan digelar selama satu hari.

Baca juga: Warga Kabupaten Konawe Mulai Urus Pemutihan Pajak Kendaraan, Ganti Plat hingga Balik Nama BPKB

Dari pantauan TribunnewsSultra.com, peserta dari sosialisasi ini juga adalah para kepala desa dan jajarannya.

Adapun materi sosialisasi ini di antaranya, kebijakan umum penataan kewenangan desa yang disampaikan oleh Kadis PMD Konawe, Keni Yuga Permana.

Selanjutnya, materi sinkronasi antara Desa, RPJMDesa, RKPDesa, dan APBDesa.

Materi kebijakan penyusunan penataan kewenangan desa yang dibawakan oleh Syahban Hidayat, dan materi mekanisme penyusunan implementasi kebijakan keuangan desa oleh Rai Suyanto. (*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved