Breaking News:

Berita IAIN

Inovasi Jeruk Etno Tolaki Jadi Hand Sanitizer, 2 Mahasiswa IAIN Kendari Sabet Juara Olimpiade Agama

Mahasiswa IAIN Kendari tersebut mengalahkan puluhan mahasiswa perguruan tinggi Islam lainnya se-Indonesia dengan karya inovasi nanoteknologi.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
mahasiswa IAIN Kendari juara harapan II pada Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) se Indonesia. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Dua Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Kendari raih juara harapan II pada Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) se Indonesia.

Kedua mahasiswa IAIN Kendari tersebut mengalahkan puluhan mahasiswa perguruan tinggi Islam lainnya se-Indonesia dengan karya inovasi nanoteknologi.

Dua mahasiswa ini yakni Satriyadi Bilyan Salangga dan Pramanda Alfhandy merupakan mahasiswa Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari.

Keduanya mengembangkan Jeruk Etno Tolaki, tanaman lokal daratan Sulawesi Tenggara sebagai bahan baku pembuatan hand sanitizer.

Baca juga: Mahasiswa IAIN Kendari Lolos Final OASE I PTKI se-Indonesia, Jeruk Etno Tolaki Dibuat Hand Sanitizer

Satriyadi Bilyan Salangga dan Pramanda Alfhandy itu sebelumnya lolos pada babak grand final usai menyingkirkan sekitar 90 peserta lainnya dari kampus PTKI se Indonesia.

Diketahui, ajang bergensi yang mempertemukan mahasiswa dari perguruan tinggi berbasis islam se Indonesia itu berlanhsung di UIN AR -Rainiry Banda aceh.

Kegitan itu berlangsung sejak 6 November 2021 baik secara daring maupun luring dan resmi ditutup Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof Dr Muh Ali Ramdhani, Sabtu (27/11/21) di Lapangan Utama UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Satriyadi Bilyan Salangga dan Pramanda Alfhandy mampu unggul membawa IAIN Kendari menjadi satu-satunya IAIN di kawasan timur Indonesia yang meraih juara pada even OASE tahun 2021 tersebut.

Saat berada di kejuaraan, Satriyadi Bilyan Salangga dan Pramanda Alfhandy didampingi Zul Arham selaku dosen pembbing dan Ketua Prodi Tadris IPA Hasrin Lamote serta ikut Dosen IPA Ismaun.

Baca juga: Cerita Ayah Muhammad Jamaluddin, Ganti Mendiang Anak Wisuda IAIN Kendari, Momen Haru Viral di Medsos

Mendengar kabar bahagia tesebut  Rektor IAIN Kendari, Dr Faizah Binti Awad sangat mengapresiasi perjuangan kedua mahasiswa Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari itu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved