Breaking News:

Kendari Kita

Kendari Satu-satunya Kota di Indonesia Dapat Kucuran Dana Miliaran, Tata Kawasan Kumuh Puday-Lapulu

Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari giat memberantas kawasan kumuh di Kota Kendari melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Istimewa
Penataan Kawasan Kumuh Bungkutoko-Petoaha, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Kini dinobatkan sebagai Kawasan Wisata Water Front City. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari giat memberantas kawasan kumuh di Kota Kendari melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengatakan terdapat 53 kelurahan dan 397 hektar kawasan yang tergolong kawasan kumuh di Kota Kendari.

Ia menyampaikan program Pemkot Kendari untuk memberantas kawasan kumuh di Kota Kendari ini semakin membuahkan hasil.

Seperti halnya penataan kawasan kumuh Bungkutoko dan Petoaha dianggap sukses pada 2020. Bahkan dinobatkan sebagai Kawasan Wisata Water Front City.

Kata dia, Kota Kendari merupakan satu-satunya kota se-Indonesia yang kembali mendapat kepercayaan dalam penataan kumuh skala kawasan.

Baca juga: PJ Bupati Kolaka Timur Bakal Dijabat Kadis Ketahanan Pangan Sultra Sulwan Abunawas

Sehingga pada tahun 2021 ini Kota Kendari kembali mendapatkan kucuran dana untuk membenahi kawasan kumuh di Puday-Lapulu, dengan anggaran lebih besar.

"Yang lalu hanya Rp42 miliar, kali ini kucuran dana senilai Rp56 miliar dan satu-satunya kota se-Indonesia yang dapat,” ujar Wali Kota Kendari.

Sulkarnain Kadir mengaku optimis, perwajahan Puday-Lapulu akan berubah total seperti perwajahan Petoaha-Bungkutoko yang sudah tertata rapi.

Menurutnya, kawasan ini bisa menjadi magnet baru bagi warga metro untuk menikmati wahana di ruang terbuka hijau.

"Jadi Lapulu yang menghadap ke teluk akan rapi nanti. Rumah-rumah yang ada di bibir teluk ditarik naik," bebernya.

Baca juga: IAIN Kendari Libatkan 80 Sekolah Menengah Atas Sultra Ikut Bimbing Teknis Pengisian Pangkalan Data

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved