Breaking News:

Kendari Kita

Ketua TP PKK Kota Kendari Sri Lestari Temukan Tidak Sedikit Anak-Anak Mengalami Hidrosefalus

Sri mengaku temuan itu didapatinya ketika berkunjung ke rumah-rumah warga di Kota Kendari, dimana kunjungan tersebut adalah salah satu bentuk evaluasi

Istimewa
Bunda PAUD Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain menyerahkan bantuan alat tulis pelaksanaan SPM PAUD APBD Dikmudora Kota Kendari kepada anak PAUD, di Hotel Plaza Kubra Kendari, Rabu (10/11/2021).  

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara Sri Lestari Sulkarnain mengatakan masih sering ditemukan anak-anak di Kendari mengidap hidrosefalus

Dimana seperti diketahui, hidrosefalus adalah kondisi yang ditandai ukuran kepala bayi yang membesar secara tidak normal.

Sri mengaku temuan itu didapatinya ketika berkunjung ke rumah-rumah warga di Kota Kendari, di mana kunjungan tersebut adalah salah satu bentuk evaluasi terlaksananya program PKK. 

Baca juga: PKK Kota Kendari Santuni Korban Kebakaran di Jalan Wulele Kelurahan Bonggoeya

Mulai dari dalam bentuk buku pelaksanaan kegiatan serta kunjungan lapangan. 

"Relatif stabil, hanya lebih menekankan pada pemenuhan gizi, karena tidak sedikit yang saya kunjungi anak-anak kita hidrosefalus atau anak-anak yang lumpuh layu," kata Sri Lestari saat menjadi pewicara di Podcast Tribun Corner di kantor TribunnewsSultra.com, Jumat (12/11/2021). 

Lanjutnya, jika dikaji berdasarkan diskusi tanya jawab dirinya dengan ibu dari bayi tersebut, kasus ini memang yang menjadi probelm atau pemicunya adalah perencanaan kehamilan. 

Sehingga kehamilan yang tidak terencana, masa kehamilan yang tidak begitu dirawat, tidak melakukan pemeriksaan di Posyandu atau di dokter spesialis dan tidak terkontrol kondisi kesehatan janin, maka akan memberi dampak kesehatan bagi janin. 

Diantaranya pula, pemenuhan gizi tidak terpenuhi sesuai dengan tumbuh kembang kehamilan, kelahiran dan masa balita, sehingga menyebabkan anak-anak dalam kondisi terbatas. 

Baca juga: Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Kendari, Sri Lestari Ingatkan 10 Program PKK

"Kesehatan kehamilan bagi anak maupun ibunya harus menjadi perhatian," tegasnya. 

Tentunya dari pihak pemerintah Kota Kendari juga berperan dalam penanganan kesehatan anak-anak. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved