Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Ombudsman RI Sebut Sulawesi Tenggara Cocok Dikembangkan untuk Agribisnis, Potensinya Besar

Hery Susanto menjelaskan praktik maladministrasi merupakan perilaku atau perbuatan melawan hukum dan etika dalam proses administrasi pelayanan publik.

Istimewa
Workshop Perspektif Pelayanan Publik dalam Pengembangan Agribisnis Daerah digelar di Hotel Imperial Kendari, Sultra, Selasa (9/11/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Anggota Ombudsman RI, Hery Susanto mengatakan banyak potensi praktik maladministrasi dalam perizinan pelayanan publik, khususnya pengembangan sektor agribisnis

Hal tersebut ia sampaikan dalam Workshop Perspektif Pelayanan Publik Dalam Pengembangan Agribisnis di Daerah.

Kegiatan workshop tersebut diselenggarakan LSM JARAK di Hotel Imperial, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (9/11/2021).

Kata dia, Ombudsman RI sebagai lembaga negara punya kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik dan turut menyoroti proses perizinan pelayanan publik di sektor agribisnis di daerah.

Hery Susanto menjelaskan praktik maladministrasi merupakan perilaku atau perbuatan melawan hukum dan etika dalam proses administrasi pelayanan publik.

Baca juga: Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara Resmikan Studio Podcast, Pertama di Indonesia

Jelasnya, maladministrasi ada berbagai macam seperti penyimpangan prosedur, penyalahgunaan wewenang.

Kata dia, termasuk kelalaian atau pengabaian kewajiban hukum, tindakan diskriminatif, permintaan imbalan, dan lainnya.

Menurutnya, tidak hanya oleh pemerintah, tindakan maladministrasi bisa jadi juga dilakukan BUMN, BUMD, BHMN maupun badan swasta atau bahkan perseorangan yang menggunakan dana APBN/APBD.

Ia menambahkan sektor agribisnis merupakan bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun hilir.

Hery Susanto menjelaskan penyebutan “hulu” dan “hilir” mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain).

Baca juga: Sosok Hery Susanto Dulu Aktivis Kini Anggota Ombudsman RI, Agenda Kunjungan di Sulawesi Tenggara

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved