Breaking News:

Kendari Kita

Wali Kota Kendari Harap Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan Bisa Tingkatkan Kualitas Pemilih

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyebut program Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan di Kota Kendari bisa meningkatkan angka partisipasi pemilih.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir saat menghadiri launching Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan di Zahra Syariah Hotel Kendari, Senin (8/11/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan program Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan di Kota Kendari bisa meningkatkan angka partisipasi pemilih.

Sulkarnain Kadir mengatakan Pemerintah Kota Kendari menyambut baik program KP3 milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut.

"Kami dari pemerintah kota merespon bahkan memperluas program KPU ini," kata Sulkarnain Kadir, saat ditemui Hotel Zahra, Senin (8/11/2021).

Meski, saat ini baru Kelurahan Wundubatu di Kecamatan Poasia yang menjadi lokus dari program KP3 ini, ke depan pihaknyatetap memperluas ke daerah lainnya.

Menurutnya, program KP3 yang diwacanakan KPU dapat meningkatkan angka partisipasi pemilih di Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Penilaian Lomba PKK Tingkat Provinsi, Pemerintah Kabupaten Konawe Minta Kader Motivasi Masyarakat

Apalagi, berdasarkan data KPU, tingkat partisipasi pemilih di Kota Kendari pada Pemilu 2019 lalu mencapai 70 persen.

"Kita ingin ke depannya bukan hanya tingkat partisipasi yang meningkat, tapi juga kualitas pemilih bisa ikut meningkat," terang Wali Kota.

Sulkarnain Kadir menjelaskan Pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara khususnya KPU dan Bawaslu, tetapi juga seluruh pihak termasuk pemerintah.

"Karena pemerintah atau pimpinan di daerah tidak akan lahir tanpa melalui proses pemilu," ujar Sulkarnain Kadir.

Untuk itu, dengan program KP3 ini, diharapkan para kader yang dipilih oleh KPU bisa memberi pemahaman yang baik kepada masyarakat mengenai Pemilu 2024.

Baca juga: Mentor Pendamping UMKM Kendari Preneur Ikut Bimtek Bisnis, Tambah Wawasan, Profit dan Jaringan

"Tidak hanya memahami Pemilu sekadar memilih atau menunjuk nama tokoh, tapi berdasarkan pengetahuan dan konsep yang berdasar," ujarnya.

Untuk diketahui, Pemkot Kendari bersama KPU Sultra sudah menjadikan Kelurahan Wundubatu di Kecamatan Poasia sebagai lokus dalam program KP3.

Kemudian, Pemkot Kendari melalui Kesbangpol menambah dua kelurahan yakni Kelurahan Punggaloba Kecamatan Kendari Barat dan Kelurahan Kambu Kecamatan Kambu menjadi target program dari KPU. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved