Kendari Kita

Mentor Pendamping UMKM Kendari Preneur Ikut Bimtek Bisnis, Tambah Wawasan, Profit dan Jaringan

Mentor pendamping Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kendari Preneur mengikuti bimbingan teknis (bimtek) bisnis.

Istimewa
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat membuka bimbingan teknis bisnis untuk mentor pendamping UMKM yang diadakan Kendari Preneur, di Same Hotel Kendari, Senin (8/11/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Mentor pendamping Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kendari Preneur mengikuti bimbingan teknis (bimtek) bisnis.

Bimtek ini diselenggarakan oleh Kendari Preneur di Ball Room Lantai 2 Hotel Same Kendari, mulai 8 - 10 November 2021.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan melihat potensi Kota Kendari masih banyak yang belum terekspos dan belum didayagunakan.

Sehingga dengan hadirnya Kendari Preneur di Kota Kendari, Sulkarnain Kadir berpesan agar semua tumbuh bersama membangun perekonomian yang baik.

"Kita harus tumbuh, begitu bicara bisnis kita harus mengalami pertumbuhan, karena bukan bisnis jika tidak tumbuh. Oleh karena itu, kata ini yang harus jadi semangat buat kita semua," kata Sulkarnain Kadir.

Baca juga: Festival Ramadan Kendari Preneur Diperpanjang hingga 9 Mei 2021

Tentunya, pertumbuhan terjadi secara personal dan seluruh entitas yang tergabung dengan bisnis maupun seluruh komunitas baik secara pengetahuan, wawasan juga tumbuh secara jaringan.

"Koin, poin, dan join. Dapat koin kita harus punya nilai dalam berbisnis, dapat poin tentu harus profit dan dapat join kita dapatkan jaringan," jelasnya.

Ia berharap ini didedikasikan menjadi wadah bersama untuk saling bergandengan dan berbagi pengetahuan dan jaringan.

"Semakin banyak yang terlibat semakin banyak peluang, ini akan menjadi cikal bakal bergeraknya ekonomi di Kota Kendari," ujarnya.

Ketua Kendari Preneur, Syarif Maulana menambahkan bimtek bisnis ini tindak lanjut bagi para mentor pendamping setelah mengikuti bimtek dan uji kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Uji kompetensi itu, kata Syarif Maulana sebagai bentuk keabsahan para mentor pendamping UMKM bersertifikat negara.

Di mana kegiatan ini bertujuan membekali pengetahuan tentang bisnis kepada para mentor pendamping UMKM.

Baca juga: Kendari Preneur Hadirkan Layanan Konsultasi Bisnis Bagi Wirausaha Baru dan UMKM

"Dengan pengetahuan bisnis tersebut, para mentor pendamping dapat menerapkannya untuk pengembangan bisnis masing-masing dan sharing kepada UMKM binaan," kata Syarif.

Lanjutnya, dalam bimtek kali ini dijelaskan kurikulum pendampingan berbasis 4 Go, Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global, sebagai kurikulum resmi Kendari Preneur.

Serta, lanjut Ketua Kendari Preneur menambahkan, untuk memberikan panduan tentang pola pendampingan yang efektif dan berkesinambungan.

Karena pendampingan adalah ruh (nyawa) dari sebuah program pemberdayaan UMKM, maka dengan bimtek ini para mentor pendamping menjadi pendamping bagi bisnisnya dan bisnis UMKM binaan.

"Jadi, mereka akan ditugasi amanah satu orang mentor pendamping membina 10 UMKM, guna mewujudkan UMKM unggul di Kota Kendari," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved