Breaking News:

Berita Konawe

Edukasi Warga Soropia Kriteria Air Bersih, Dosen Poltekkes Kendari Sebut Bahaya Penyakit Pencernaan

Dosen Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Kendari mengedukasi masyarakat pesisir di Desa Soropia.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Reni Yunus, menyampaikan edukasi mengenai water borne disease dan pencegahannya serta pentingnya air bersih kepada masyarakat pesisir di Desa Soropia, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (4/11/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Dosen Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Kendari edukasi masyarakat pesisir di Desa Soropia.

Kegiatan edukasi ini berpusat di Balai Desa Soropia, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (4/11/2021).

Dosen Jurusan Teknologi Laboratorium Medik Kendari 2021 ini mengedukasi tentang water borne disease, pencegahannya serta pentingnya air bersih bagi masyarakat pesisir di Soropia, Konawe.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat dan Pembina Ikatan Alumni Laboratorium Medik Poltekkes Kemenkes Kendari, Reni Yunus, mengatakan pemilihan Desa Soropia karena banyaknya permasalahan kesehatan di daerah pesisir.

Selain itu, karena sesuai dengan visi misi Poltekkes Kemenkes Kendari dalam memberikan pelayanan kesehatan berbasis kemaritiman.

Baca juga: Harapan Pemkab Konawe, Lasqi Motivasi Generasi Muda, Bentengi Diri dari Pengaruh Negatif

"Desa Soropia ini juga adalah salah satu desa binaan di wilayah pesisir Poltekkes Kemenkes Kendari," ujarnya.

Ia menyampaikan pengarahan kepada masyarakat ini mengenai penyediaan air bersih di daerah pesisir dan mengenalkan penyakit pencernaan yang bisa ditularkan melalui air (water borne disease).

"Water borne disease merupakan penyakit-penyakit yang ditularkan melalui air, contohnya penyakit kolera, diare yang disebabkan oleh bakteri," kata Reni.

Reni Yunus menambahkan, ketika masyarakat meminum air yang tidak higenis, utamanya air mengandung bakteri atau kuman, maka berpotensi menyebabkan water borne disease.

Selain itu, kata Reni Yunus, pihaknya juga memperkenalkan kepada masyarakat Desa Soropia mengenai kriteria air bersih.

Baca juga: Polisi Benarkan Warga Temukan 2 Granat Nanas di Kebun Rambutan di Konawe Selatan, Tunggu Brimob

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved