Breaking News:

Berita Konawe

Dosen & Alumni Poltekkes Kemenkes Kendari Periksa Kesehatan Warga Soropia, Banyak Derita Asam Urat

Masyarakat Desa Soropia, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis, Kamis (4/11/2021).

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Alumni Jurusan Teknik Laboratorium Medik Poltekkes Kemenkes Kendari, melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat di Desa Soropia, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (4/11/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Masyarakat Desa Soropia, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis, Kamis (4/11/2021).

Layanan pemeriksaan tersebut diberikan dosen Jurusan Teknologi Laboratorium Medik (TLM) dan Ikatan Alumni TLM Poltekkes Kemenkes Kendari.

Ketua Jurusan TLM, Anita Rosanty mengatakan, bakti sosial dengan memeriksa gula darah dan asam urat gratis itu untuk membantu masyarakat yang tidak sempat datang ke pusat pelayanan kesehatan.

Ia mengatakan keterlibatan para alumni pada kegiatan pendidikan kampus seperti ini, diharapkan ketika sudah di masyarakat para alumni memberikan dan mengaplikasikan ilmu mereka.

Tidak hanya alumni, tapi juga melibatkan mahasiswa tingkat 1, 2 dan 3 agar berproses dalam pengabdian masyarakat yang juga include dalam proses pembelajaran.

Baca juga: Edukasi Warga Soropia Kriteria Air Bersih, Dosen Poltekkes Kendari Sebut Bahaya Penyakit Pencernaan

Diharapkan masyarakat memperoleh layanan sesuai dengan kompetensi di TLM yaitu melakukan pemeriksaan diagnosis medik penyakit tropis sesuai visi misi TLM.

"Tentu kita harapkan masyarakat di sini bisa care atau peduli terhadap diri mereka. Dalam artian ketika mereka merasakan sakit, langsung segera memeriksakan kesehatan," jelasnya.

Namun untuk kali ini, pemeriksaan penyakit disesuaikan dengan kondisi daerah Soropia yang dekat dengan laut.

Sehingga difokuskan pada pemeriksaan penyakit yang dimungkinkan terjadi akibat penggunaan air di wilayah pesisir.

"Karena masyarakat ini dekat laut sehingga melalui pemeriksaan bisa mengetahui kemungkinan yang terjadi, masyarakat ini terpapar bakteri apa," ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa UHO Kendari Masuk Final Kompetisi Start Up Tingkat Nasional, Kolaborasi Tiga Fakultas

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved