Breaking News:

OPINI

Pemuda Membangun Ekonomi Indonesia

Tahun 1928 para pemuda Indonesia bersatu dan melakukan ikrar sumpah pengakuan akan 3 hal:  Satu Tanah Air; Indonesia, Satu Bangsa; Indonesia

Istimewa
Kamaluddin Wasekjend Ekonomi dan Perdagangan PB PMII 

Oleh: Kamaluddin (Wasekjend Ekonomi dan Perdagangan PB PMII

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Masa depan suatu bangsa ada ditangan pemuda. Ungkapan ini memiliki semangat konstruktif untuk membangun dan membawa perubahan bagi bangsa baik dari segi politik, ekonomi dan hukum. Sebab pemuda indentik dengan pemikiran revolusionernya dalam mengubah tatanan lama budaya bangsa dan ini merupakan kekuatan utama yang dimiliki oleh seorang pemuda

Sejarah pemikiran pemuda Indonesia dimulai sejak tahun 1908 dan berlangsung hingga saat ini. Tahun 1908 merupakan awal dari kebangkitan nasional yang di tandai dengan berdirinya Budi Utomo yang merupakan organisasi priyayi jawa pada 20 Mei 1908.

Pada tahun ini, pemikiran pemuda Indonesia banyak dipengaruhi oleh pemikiran-pemikiran barat seperti Sosialisme, Marxisme, liberalisme dan lain-lain. Pengaruh pemikiran barat terhadap pemuda Indonesia dapat dilihat dari gerakan yang dilakukan oleh pemuda saat itu, salah satunya adalah percobaan revolusi dihindia antara tahun 1925-1926.

Pada tahun 1928 para pemuda Indonesia bersatu dan melakukan ikrar sumpah pengakuan akan 3 hal:  Satu Tanah Air; Indonesia, Satu Bangsa; Indonesia, dan Satu Bahasa; Indonesia.

Baca juga: Polres Konawe Tegaskan Tidak Akan Bubarkan Tari Lulo saat Hajatan, Digelar Tanpa Minuman Keras

Momentum ini merupakan cikal bakal bersatunya para pemuda Indonesia dan kemudian hari dikenang dengan sebutan Sumpah Pemuda. Peristiwa sumpah pemuda mencerminkan bahwa pemikiran pemuda Indonesia pada saat itu merupakan orang Indonesia dengan perjuangan yang dilandasi dengan semangat persatuan. 

Sejarah telah mencatat bahwa peran pemuda pada proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 tidak bisa dilupakan, begitu juga aksi pemuda pada tahun 1966 yang dikemudian dikenang dengan aksi Trikora, dan kemudian pemuda juga mancatatkan sejarah telah membawa Indonesia keluar dari sistem pemerintahan diktator menuju pemerintah yang terbuka yang dikemudian dikenang sebagai Reformasi.

Pemuda telah mencatat sejarah panjang dan hal tersebut mencerminkan bawah pemuda merupakan salah satu pilar yang memiliki andil besar dalam perjalanan kehidupan bangsa Indonesia, sehingga maju dan tidaknya suatu negara sedikit banyak ditentukan oleh pemikiran dan kontribusi pemudanya. 

Pemuda dan Ekonomi

Sebagai aset bangsa, pemuda merupakan salah satu tonggak penting dalam perekonomian. Peran dan ide kreatif dari seorang pemuda amat dibutuhkan untuk membangun perekonomian Nasional, apalagi ditengah ketidakpastian ekonomi yang sedang penimpa Indonesia. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved