Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Harga PCR Jadi Rp300 Ribu, Rp275 Ribu Jawa-Bali, Dinas Kesehatan Diminta Awasi Batas Tarif Tertinggi

Akhirnya, pemerintah melakukan penurunan harga tes Real Time Polymerase Chain Reaction atau RT-PCR baik wilayah Jawa-Bali maupun di luar Jawa-Bali.

Penulis: Sri Rahayu | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Abdul Kadir 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Akhirnya, pemerintah melakukan penurunan harga tes Real Time Polymerase Chain Reaction atau RT-PCR baik untuk wilayah Jawa-Bali maupun di luar Jawa-Bali.

Hal tersebut disampaikan langsung Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Abdul Kadir.

Ia mengumumkan penurunan harga ini dalam konferensi pers virtual melalui Channel Youtube Kementerian Kesehatan RI, Rabu (27/10/2021) sore.

Abdul Kadir mengatakan pihaknya sepakat menurunkan batas tarif tertinggi pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction atau RT-PCR.

Kata dia, hal tersebut sebagai bentuk tindak lanjut dari instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo serta evaluasi sejak ditetapkan batas tarif tes RT-PCR pada Oktober 2020 lalu.

Baca juga: RESMI Biaya Tes PCR Turun, Jawa-Bali Rp275 Ribu, Luar Jawa Bali Rp300 Ribu, Instruksi Presiden!

"Sesuai hasil evaluasi, kami menyepakati penurunan batas tarif tertinggi RT-PCR menjadi Rp275 ribu untuk wilayah Jawa dan Bali, serta Rp300 ribu di wilayah luar Jawa dan Bali," sebutnya.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, pihaknya meminta agar seluruh fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, laboratorium, serta fasilitas pemeriksaan lainnya mematuhi batasan tarif tertinggi tes RT-PCR ini.

"Seluruh Dinas Kesehatan tingkat provinsi, kota dan kabupaten diminta agar melakukan pengawasan terkait batas tarif tertinggi tersebut," kata dia.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini menginstruksikan agar batas tarif tertinggi RT-PCR dapat diturunkan hingga Rp300 ribu.

Sebelumnya, Kemenkes juga sempat menurunkan harga RT-PCR dari Rp900 ribu menjadi maksimal Rp 495 ribu untuk Jawa dan Bali dan Rp 525 ribu untuk di luar Jawa dan Bali. (*)

(TribunnewsSultra.com/Sri Rahayu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved