Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

153 Gram Sabu Asal Malaysia Gagal Beredar di Kolaka, Bea Cukai Kendari & BNNP Sultra Tangkap 4 Orang

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Kendari Purwanto Hadi Waluja membeberkan kronologi penangkapan.

Penulis: Fadli Aksar | Editor: Muhammad Israjab
Handover
sebanyak 4 orang ditangkap Bea dan Cukai bersama BNN, terkait kepemilikan sabu yang akan diedarkan ke Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sedikitnya 153 gram sabu gagal beredar di Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ratusan sabu itu digagalkan petugas Bea Cukai Kendari bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi atau BNNP Sultra pada Senin (25/10/2021).

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Kendari Purwanto Hadi Waluja membeberkan kronologi penangkapan.

Purwanto menjelaskan, penangkapan berawal dari informasi Kantor Bea Cukai Kantor Pos Pasar Baru - Jakarta.

Baca juga: Polisi Tembak Polisi hingga Tewas, Keluarga Korban: Kami Yakin Ini Pembunuhan Berencana

"Bahwa ada satu paket kiriman dari Malaysia dengan tujuan Kolaka yang diduga berisi narkotika jenis sabu yang diberitahukan sebagai pakaian," kata Purwanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/10/2021).

Selanjutnya, Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan berkoordinasi dengan BNNP Sulawesi Selatan, dan meneruskan informasi tersebut kepada Bea Cukai Kendari 

Unit Pengawasan Bea Cukai Kendari segera berkoordinasi dengan instansi terkait dan dibentuklah tim gabungan.

Tim gabungan terdiri dari Unit Pengawasan Bea Cukai Kendari, Unit Pengawasan Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan dan Unit Berantas BNNP Sultra.

Tim gabungan melakukan penangkapan terhadap penerima barang di Kolaka, pada Senin (25/10/2021) pukul 11.00 WITA.

Baca juga: Empoli vs Inter Milan, Misi Simone Inzaghi di Serie A, Stefano Pioli Girang Hasil AC Milan vs Torino

"Dari keterangan awal diperoleh informasi bahwa yang bersangkutan (pelaku yang diamankan) dimintai tolong seseorang untuk mengambilkan paket tersebut," katanya.

Tim kemudian melakukan pengembangan dan penggeledahan di sebuah rumah ditemukan 1 sachet kecil diduga narkotika jenis sabu seberat 153 gram.

Setelah didapat keterangan yang cukup dan ditemukan bukti-bukti, tim gabungan langsung bergerak ke Kantor BNNP Sultra di Kendari.

Baca juga: Ingin Menjambret tapi Tak Ada Korban, Pria Ini Curi Kambing hingga Diteriaki Warga

Bea Cukai membawa 4 terduga pemilik barang berinisial M, M, A, B, dan barang bukti terkait paket kiriman tersebut. 

"Barang dan penerima diamankan dan dilakukan serah terima kepada BNNP Sultra untuk dilakukan pemeriksaan dan masih dalam pengembangan lebih lanjut," tandasnya.(*)

(TribunnewsSultra.com/Fadli Aksar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved