Breaking News:

HUT Kota Baubau

HUT Kota Baubau Ke-20 Gelar Pakande-Kandea Tampilkan Kuliner Khas Buton

Pada zaman dulu, Pakande-Kandea merupakan tradisi untuk menyambut pulangnya para laskar Kesultanan Buton dari medan perang.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
(Husni Husein/TribunnewsSultra.com)
Pakande-Kandea rangkaian Hari Jadi Baubau ke 480 sekaligus ulang tahun Kota Baubau ke 20 sebagai daerah otonom, pemkot Baubau gelar digelar di Keraton Buton 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Rangkaian Hari Jadi Baubau ke 480 sekaligus ulang tahun Kota Baubau ke 20 sebagai daerah otonom, pemkot Baubau gelar Pakande-Kandea.

Dikutip dari situs Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pakande-Kandea merupakan tradisi makan bersama yang umum ditemukan pada masyarakat Buton.

Pada zaman dulu, Pakande-Kandea merupakan tradisi untuk menyambut pulangnya para laskar Kesultanan Buton dari medan perang.

Jika para laskar tersebut kembali dengan membawa kemenangan, Pakande-Kandea jauh lebih meriah lagi.

Baca juga: Cara Mengecek Pengumuman Hasil SKD CPNS 2021 di sscasn.bkn.go.id, Selanjutnya Download Sertifikat

Para gadis bersiap dengan makanannya untuk menyuap para anggota laskar yang lelah sebagai penghargaan atas perjuangan mereka dimedan laga.

Disamping itu acara ini merupakan pula acara pertemuan muda mudi karena hanya pada acara seperti inilah remaja putera dan puteri memperoleh kesempatan bebas untuk saling pandang.

Pakande-Kandea berlangsung dalam rangka HUT Kota Baubau ini digelar di area Benteng Keraton Kesultanan Buton.

Prosesi tradisi Pakande-Kandea berlangsung, anda akan menemukan sejumlah makanan khas daerah masyarakat Buton yang tak dijumpai di daerah lain di Nusantara.

Tradisi Pakande-Kandea juga tak hanya menawarkan pemandangan jamuan puluhan kuliner khas, melainkan warga sekitar keraton buton akan mengenakan pakaian adat.

Baca juga: Persija Jakarta vs Arema FC BRI Liga 1 2021, Prediksi Skor, Susunan Pemain, Live Streaming Vidio.com

Tak hanya itu, sebelum proses Pakande-Kandea digelar, sebelum itu masyarakat keraton Kesultanan Buton akan menggelar Santiago.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved