Breaking News:

HUT Kota Baubau

Wujud Penghargaan ke Leluhur, Benteng Keraton Buton Diusulkan Jadi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO

Pemerintah Kota Baubau mengusulkan Benteng Wolio Buton menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
Handover
Benteng keraton Buton berlokasi di jalan Labuke, Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum, Kota Bau-Bau, Sultra. Tempat ini menjadi lokasi favorit masyarakat buat ngabuburit, Sabtu (17/4/2021) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Kota Baubau mengusulkan Benteng Keraton Kesultanan Buton menjadi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Benteng Keraton Kesultanan Buton atau yang biasa dikenal Benteng Keraton Buton atau Benteng Wolio diketahui merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Benteng yang terletak di Jalan La Buke, Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum, Kota Baubau ini ialah bekas ibu kota Kesultanan Buton pada masanya.

Benteng ini dibuat dari batu kapur berbentuk lingkaran dengan panjang keliling 2.740 meter ini juga tercatat sebagai benteng terluas di dunia.

Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin mengatakan pengusulan Benteng Wolio Buton menjadi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO merupakan bentuk penghargaan kepada leluhur.

Baca juga: Benteng Keraton Wolio Buton Diusul Masuk Warisan Budaya Dunia UNESCO, Pemkot Baubau Optimis

"Jika sudah menjadi warisan budaya pemerintah naik. Ini merupakan wujud penghargaan kita kepada leluhur yang sudah meninggalkan warisan-warisan bernilai itu," katanya ditemui di Kota Baubau, Sabtu (16/10/2021).

Wali Kota Baubau, AS Tamrin
Wali Kota Baubau, AS Tamrin (TribunnewsSultra.com/ Husni Husein)

Diketahui saat ini, Benteng Wolio Buton itu diusulkan oleh Pemerintah Kota Baubau agar menjadi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Pengusulan itu usai Benteng Wolio Buton ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai Situs Warisan Budaya Nasional.

Keberhasilan Pemerintah Kota Baubau mennjadikan Benteng Wolio Buton sebagai Situs Warisan Budaya Nasional memotivasi pemerintah mengusulkan benteng sebagai Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

"Ini sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya Nasional. Sekarang kita mengusulkan ke UNESCO agar naik peringkat menjadi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO," katanya.

Baca juga: Benteng Keraton Buton Lokasi Ngabuburit Favorit di Baubau, Disiapkan Takjil Buka Puasa

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved