Breaking News:

OTT Bupati Koltim

Ada Nama Adik Bupati Muna di 18 Saksi Dugaan Korupsi Andy Merya, Ini Peran Masing-masing

Dari 18 saksi KPK yang diperiksa di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), tercatut nama adik Bupati Muna LM Rusman Emba.

Editor: Risno Mawandili
kolase foto (handover)
KOLASE FOTO - Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa 18 saksi dugaan rasuah dana hibah relokasi dan konstruksi pasca bencana serta Biaya Siap Pakai (PBS), melibatkan Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur.

Dari 18 saksi KPK yang diperiksa di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), tercatut nama adik Bupati Muna LM Rusman Emba.

Berdasarkan rilis resmi yang diperoleh TribunnewsSultra.com dari Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, adik daripada LM Rusman Emba yang bernama LM Rusdianto Emba, diperiksa di Mapolda Sultra pada 13 Oktober 2021.

KPK menyebut, LM Rusdianto Emba berperan sebagai pihak swasta dalam dugaan koripsi dana hibah relokasi dan konstruksi pasca bencana senilai Rp26,9 miliar serta BSP senilai Rp12,1 miliar tersebut.

Untuk diketahui, Andy Merya Nur ditangkap KPK di Rumah Jabatan Bupati Kolaka Timur, Provinsi Sultra, Selasa (21/9/2021) malam.

Beberapa jam sebelum menangkap Andi Merya, KPK lebih dulu menciduk Kepala BPBD Koltim, Anzarullah, di indhe kos, Desa Orawa, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur.

Besok harinya, KPK kemudian menggiring 6 orang menuju Markas Polda Sultra, termasuk suami dan ajudan serta sekretaris Andi Merya Nur.

Baca juga: KPK Periksa 9 Saksi Kasus OTT Bupati Koltim di Polda Sultra, 3 Pejabat, Kontraktor, Konsultan, ASN

Pada hari yang sama, KPK terbang menuju Jakarta dengan membawa serta Andi Nerya menuju gedung Merah Putih.

Dari hasil operasi senyap itu, KPK menetapkan dua tersangka, Andi Merya Nur dan Kepala BPBD Koltim, Anzarullah.

KPK juga menyita alat bukti suap uang senilai Rp250 juta dari tangan Anzarullah untuk diberikan kepada Andi Merya Nur.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved