Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Prediksi Hujan Disertai Angin Kencang Landa Sultra 3 Hari ke Depan, BMKG Sebut Ini Penyebabnya

BMKG memprediksi hujan disertai guntur dan angin kencang ini melanda sebagian besar wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam tiga hari ke depan.

Istimewa
BMKG memprediksi hujan disertai guntur dan angin kencang ini melanda sebagian besar wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam tiga hari ke depan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memprediksi terjadi hujan disertai guntur dan angin kencang.

BMKG memprediksi hujan disertai guntur dan angin kencang ini melanda sebagian besar wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam tiga hari ke depan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (14/10/2021).

"Terjadi peningkatan kembali curah hujan hampir di seluruh wilayah Sultra. Memang kita memprediksi untuk ke depan peningkatan curah hujan ini akan terjadi hampir merata di wilayah Sultra," kata Faizal.

Faizal Habibie menambahkan hal itu sangat berbeda dengan kondisi cuaca pada akhir September dan awal Oktober 2021 ini.

Baca juga: Hujan Deras di Kelurahan Lepo-Lepo Kendari, Jalan Tergenang Satu Kendaraan Jatuh Hendak Menerobos

Ia menjelaskan dari hasil analisis terakhir, awal musim kemarau yang terjadi pada awal 2021 ini memang sudah memasuki musim kemarau, yakni Juni dan Juli. 

Tepatnya, kata Faizal Habibie, untuk wilayah selatan di Sulawesi Tenggara (Sultra) seperti Kepulauan Buton dan Muna.

Akan tetapi, untuk Sultra bagian utara, Kolaka sampai Kendari, seperti Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Bombana dan sekitarnya, untuk saat ini analis BMKG menunjukan belum memasuki musim kemarau.

"Karena memang kami lihat dari hasil analisis kami, sampai sekarang belum memasuki awal kemarau," jelasnya.

Sehingga, menurutnya patut diwaspadai karena peningkatan curah hujan justru akan terjadi kembali dibandingkan akhir September dan awal Oktober kemarin.

Baca juga: Penyebab Kanopi Wixel Hotel Kendari Roboh, Menimpa Mobil General Manager, Runtuh Saat Hujan Deras

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved