Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

KPU Sultra Tunggu Penetapan Jadwal Pelaksanaan Pemilu 2024 untuk Verifikasi Partai Politik

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih menunggu keputusan jadwal pelaksanaan Pemilu 2024 untuk verifikasi partai politik.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
KPU Sultra menggelar pertemuan dengan pengurus atau perwakilan parpol di Sulawesi Tenggara, Senin (11/10/2021) di Aula Husni Kamil Malik KPU Sultra. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih menunggu keputusan jadwal pelaksanaan Pemilu 2024 untuk verifikasi partai politik.

Seperti diketahui, hingga sekarang ini, Komisi Pemilihan Umum belum menetapkan jadwal pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. 

Untuk itu, KPU Sultra baru sebatas mensosialisasikan kebijakan verifikasi partai politik atau parpol peserta Pemilu 2024 mendatang.

Koordinator Divisi Tekhnis KPU Sultra, Iwan Rompo Bane mengatakan bagi parpol yang lulus verifikasi Pemilu 2019 lalu dan memenuhi ketentuan parliamentary threshold maka cukup verifikasi administrasi.

Sementara bagi parpol yang belum lulus verifikasi Pemilu 2019 termasuk maka akan dilakukan verifikasi secara administrasi dan faktual.

Baca juga: KPU Sulawesi Tenggara Sosialisasi Kebijakan Verifikasi Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Iwan Rompo Bane mengatakan tujuan dari sosialisasi pokok-pokok kebijakan verifikasi parpol yang dilaksanakan beberapa waktu lalu untuk memperbaiki rancangan aturan dan data parpol peserta Pemilu 2024.

"Tujuan sosialisasi tersebut adalah mengumpulkan bahan, kajian dan evaluasi terhadap proses pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol calon peserta Pemilu DPR dan DPRD, " jelasnya melalui keterangan tertulis.

Menurut Iwan Rompo Bane, terdapat beberapa sandingan aturan dan kebijakan terkait Pemilu 2019 dengan 2024, begitupula dengan parpol yang akan berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

"Bahwa kebijakan KPU yang akan diterapkan yaitu bersifat mudah, murah, cepat, transparan dan akuntabel," ujar Iwan.

Selain itu menurut keputusan MK Nomor: 55/PUU-/XVIII/2020 menyatakan bahwa dari 16 parpol peserta Pemilu 2019, terdapat sembilan parpol yang dinyatakan lulus verifikasi atau memenuhi parliamentary threshold.

Baca juga: KPU Sultra Teken MoU dengan Pemerintah Kelurahan Wundumbatu, Jadi Locus Program DP3

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved