Breaking News:

Berita Kendari

65 Pejabat Struktural dan Fungsional Ikuti Bimbingan Teknis Audit Kinerja Inspektorat Kota Kendari

Sebanyak 65 pejabat struktural dan fungsional mengikuti bimbingan teknis audit kinerja pada Inspektorat Kota Kendari selama empat hari.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Irban Investigasi (Irvest) Inspektorat Kota Kendari, Mulyadi 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sebanyak 65 pejabat struktural dan fungsional mengikuti bimbingan teknis audit kinerja pada Inspektorat Kota Kendari selama empat hari. 

Kegiatan bimbingan teknis tersebut diadakan Inspektorat Kota Kendari bekerja sama Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra sebagai pemateri, di Azizah Syariah Hotel Kendari, Kamis (14/10/2021). 

Irban Investigasi (Irvest) Inspektorat Kota Kendari, Mulyadi mengatakan kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP). 

"Ke depan, APIP bukan hanya sekadar pemeriksaan, APIP kekinian yang banyak menilai audit kinerja, tidak lagi turun memeriksa kerja-kerja kemarin tapi sekarang mengaudit kinerja," ujarnya. 

Ia menjelaskan capaian dari audit kinerja ini, diharapkan output-nya APIP bisa menilai saat OPD merencanakan suatu kegiatan sampai dengan akhir kegiatannya.

Baca juga: Inspektorat Sultra Sarankan Kepala BPBD Segera Bayar Honor Petugas Satgas Covid-19 Sulawesi Tenggara

Kepala BPKP Sultra, Nani Kartika Nasution, mengatakan untuk mendukung program-program strategis Pemerintah Kota Kendari, perlu adanya dukungan dari Inspektorat sebagai bagian dari tubuh pemerintahan.

Dirinya pun menjelaskan agar APIP memiliki fungsi audit kinerja perlu melihat program yang memilih risiko tinggi sehingga perlu adanya pengawasan.

"Kita perlu melihat program-program mana berisiko tinggi, harus dikawal dan penting menurut Wali Kota Kendari, karena kita ini adalah tangan kanannya, mata dan telinga," terang Nani Kartika Nasution. 

Sehingga, dirinya berharap terdapat peningkatan kompetensi usai mengikuti bimtek audit kinerja tersebut dan menghasilkan rekomendasi, saran dan perbaikan yang memang dibutuhkan oleh Wali Kota Kendari.

Bimtek Audit Manajemen itu, dibuka oleh Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran.

Baca juga: Capaian MCP Kota Kendari Diperingkat 7 Nasional, Inspektorat Sebut untuk Upaya Pencegahan Korupsi

Ia membeberkan di tahun 2022, pihaknya akan mendorong agar Inspektorat Kota Kendari melakukan audit kinerja berbasis risiko.

Hal itu berguna agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat fokus pada program-program strategisnya.

Dirinya pun memberikan apresiasi kepada Inspektorat Kota Kendari atas kerja sama yang terjalin dengan Inspektorat Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) atas duplikasi aplikasi jari dan e-Proksi. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved