Breaking News:

Berita Kolaka Timur

Bakal Diresmikan Presiden Joko Widodo, Berikut Ini Manfaat Bendungan Ladongi di Kolaka Timur

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan bakal meresmikan langsung Bendungan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara pada 28 Oktober 2021.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Kepala Balai Wilayah Sungai IV Sulawesi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Agus Safari (kanan), dan Humas BWS IV Sulawesi Rahmat Sanusi (kiri). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan bakal meresmikan langsung Bendungan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara pada 28 Oktober 2021.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Agus Safari mengatakan saat ini pengerjaan konstruksi telah rampung.

Namun, masih ada yang menjadi tugas Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari yaitu terkait pengerjaan aspal diatas bendungan.

"Selain pengerjaan aspal di atas bendungan itu, saat ini penyelesaian akses jalan provinsi dari simpang Rate-Rate hingga menuju bendungan terus dirampungkan," ucapnya.

Lebih lanjut, menurutnya pengerjaan jalan tersebut dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara bersama Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Tenggara (BPJN Sultra).

Baca juga: Pembangunan Bendungan Ladongi Kolaka Timur Capai 98 Persen, Impounding Sejak Akhir September 2021

Selain pengerjaan jalan tersebut, saat ini pihakBalai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari sementara menyelesaikan landscape taman.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari ini menyebut manfaat dari Bendungan Ladongi ke depannya bukan hanya sekadar irigasi saja.

"Ke depannya bendungan tersebut bakal dimanfaatkan menjadi Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA)," ujarnya.

Agus menyebut, ke depan juga bakal dibuat pembangkit listrik di bendungan tersebut, dengan potensi tenaga listriknya bisa mencapai 1,3 megawatt.

Selain itu, bendungan tersebut akan dimanfaatkan menjadi tempat wisata, baik dari penduduk lokal maupun wisatawan dapat berkunjung di sana.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ladongi September 2021, Ridwan Bae Berkunjung ke Kolaka Timur

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved