Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Kepala BPBD Sultra Ungkap Penyebab Honor Petugas Satgas Covid-19 Sulawesi Tenggara Belum Dibayarkan

Kepala BPBD Sulawesi Tenggara mengungkapkan penyebab honor petugas Satgas Covid-19 Sultra belum dibayarkan hingga saat ini.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Kepala BPBD Sultra, Muhammad Yusup 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,KENDARI - Kepala BPBD Sulawesi Tenggara mengungkapkan penyebab honor petugas Satgas Covid-19 Sultra belum dibayarkan hingga saat ini.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sultra, Muhammad Yusup, anggaran untuk membayar honor petugas sudah ada.

Hanya saja, sebelum melakukan proses pembayaran terlebih dahulu melalui pemeriksaan atau review di Inspektorat.

"Karena, cost penganggaran masuk dalam anggaran rutin bukan belanja tak terduga atau BTT," kata Yusup, saat hearing dengan Komisi IV DPRD Sultra.

Muhammad Yusup menjelaskan penggunaan anggaran yang sifatnya belanja tak terduga (BTT) dengan anggaran rutin itu berbeda.

Baca juga: Sekda Sulawesi Tenggara Nur Endang, Tak Hadir Hearing di DPRD Terkait Honor Petugas Satgas Covid-19

Sehingga, pihaknya terlebih dahulu meminta review atau pemeriksaan di BPKP dan Inspektorat dengan pembayaran honor tersebut.

"Oleh karena itu, kami mengambil asas kehati-hatian dengan meminta Inspektorat melakukan review. Kami hati-hati menggunakan anggaran itu," terang Kepala BPBD Sultra.

"Jangan sampai dengan proses pembayaran honor yang cepat, tanpa memperhatikan administrasi keuangan bisa menimbulkan persoalan," ujarnya menambahkan.

Yusup menjelaskan, surat permohonan review sudah diberikan ke Inspektorat sejak tanggal 10 September dan baru ada balasan pada 20 September 2021.

"Jadi saya meminta tanggapan Inspektorat atas perlakuan pembayaran honor ini," tuturnya.

Baca juga: Posko Satgas Covid-19 Sulawesi Tenggara Disegel Pegawai, Protes Honor Selama 6 Belum Dibayar

Kemudian, lanjut Yusup, setelah tanggapan di Inspektorat, pihak juga meminta pemeriksaan di Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Sultra.

Surat permohonan itu sudah diberikan sejak 1 Oktober 2021 dan baru ada balasan hari ini. Menurut hasil dari tanggapan BPKP, honor itu bisa dibayarkan berdasarkan Peraturan Gubernur Sultra.

Oleh karena itu, dia menjamin honor petugas Satgas Covid-19 akan tetap dibayarkan. Hanya saja, proses administrasi keuangan masih berada di BPKAD untuk pembayaran honor petugas.

"Jika ada keterlambatan, maka pihak petugas harus bersabar atas proses administrasi itu," tutup Kepala BPBD Sultra. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved