Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

KPU Sulawesi Tenggara Sosialisasi Kebijakan Verifikasi Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara mensosialisasikan kebijakan verifikasi calon partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 mendatang.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
KPU Sultra menggelar pertemuan dengan pengurus atau perwakilan parpol di Sulawesi Tenggara, Senin (11/10/2021) di Aula Husni Kamil Malik KPU Sultra. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara mensosialisasikan kebijakan verifikasi calon partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 mendatang.

KPU Sultra menggelar pertemuan dengan pengurus atau perwakilan parpol di Sulawesi Tenggara, Senin (11/10/2021) di Aula Husni Kamil Malik KPU Sultra.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir mengatakan, pertemuan dengan parpol tersebut untuk membahas kebijakan verifikasi Pemilu 2024.

Menurut Natsir, berdasarkan keputusan MK Nomor: 55/PUU-/XVIII/2020 bahwa KPU hanya akan melakukan verifikasi administrasi parpol yang telah lulus verifikasi Pemilu 2019 lalu.

Kata dia, begitu pula dengan partai politik (parpol) yang memenuhi ketentuan parliamentary threshold atau ambang batas parlemen.

Baca juga: KPU Sultra Teken MoU dengan Pemerintah Kelurahan Wundumbatu, Jadi Locus Program DP3

Sedangkan, parpol yang tidak lulus atau tidak memenuhi parliamentary threshold diharuskan melakukan verifikasi administrasi dan juga faktual.

"Hal tersebut sama dengan ketentuan yang berlaku terhadap parpol baru," ujarnya.

La Ode Abdul Natsir menerangkan, sebelum melakukan verifikasi, KPU bakal memberikan penjelasan beberapa hal ke parpol.

"Diharapkan kepada parpol agar sedini mungkin mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan calon peserta Pemilu 2024," jelasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved