Breaking News:

Arab Saudi Buka Umrah Bagi Indonesia, Menlu Koordinasi Dengan Menag dan Menkes, Tapi Ada Syaratnya

Hal ini disampaikan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, bahwa Arab Saudi kembali umrah untuk para jemaah asal Indonesia ke Arab Saudi.

Jamaah umrah mengunjungi Masjidil Haram di Makkah. Selama 10 hari pertama Ramadan tak kurang 1,5 juta orang berkunjung. Arab Saudi Buka Umrah, Menlu Langsung Koordinasi Dengan Menag dan Menkes 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Pemerintah Indonesia mengumumkan, Arab Saudi buka Umrah bagi jamaah asal Indonesia.

Hal ini disampaikan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, bahwa Arab Saudi kembali umrah untuk para jemaah asal Indonesia ke Arab Saudi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Arab Saudi kembali umrah ada ketentuan bagi jamaah umrah untuk memenuhi standar kesehatan.

Menurut Retno Marsudi, ketentuan itu tertuang dalam nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada 8 Oktober 2021.

"Nota diplomatik juga menyebutkan, mempertimbangkan masa periode untuk karantina selama 5 hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan," ujar Retno di konferensi pers secara daring pada Sabtu (9/10/2021) sore.

Baca juga: Bu Dokter Nyaris Dirudapaksa Petani, Pelaku Sembunyi Seminggu di Hutan hingga Kabur ke Luar Pulau

Retno Marsudi menyebut, kabar baik ini Arab Saudi buka Umrah bagi jamaah asal Indonesia akan ditindak lanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya.

Menlu langsung melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengabarkan baru saja pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) melakukan kunjungan ke Indonesia, (Youtube Sekretariat Presiden)(Jumat (3/9/2021) pagi). (Youtube Sekretariat Presiden)
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengabarkan baru saja pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) melakukan kunjungan ke Indonesia, (Youtube Sekretariat Presiden)(Jumat (3/9/2021) pagi). (Youtube Sekretariat Presiden) ()

Termasuk otoritas terkait di Kerajaan Arab Saudi mengenai pelaksanaan kebijakan Pemerintah Saudi Arabia yang baru ini.

“Saya sendiri telah koordinasi dan komunikasi baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan Pak Menteri Agama,” kata Retno.

Retno Marsudi membocorkan,dalam nota diplomatik tersebut disebutkan kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved