Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Tabungan Pajak Inovasi Baru Bapenda Sulawesi Tenggara Mudahkan Masyarakat Sultra Bayar Tunggakan PKB

Sekretaris Bapenda Sultra, Suharmin Arfad mengatakan terobosan baru ini guna memudahkan masyarakat Sultra membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Muhammad Ridwan Kadir/Tribunnewssultra.com
Sekretaris Bapenda Sultra, Suharmin Arfad mengatakan inovasi baru ini guna memudahkan masyarakat Sultra membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencipatkan inovasi baru yaitu Tabungan Pajak.

Sekretaris Bapenda Sultra, Suharmin Arfad mengatakan inovasi baru ini guna memudahkan masyarakat Sultra membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Selama ini, segilintir masyarakat Sulawesi Tenggara menunggak dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) karena berbagai alasan.

Sehingga dengan adanya inovasi baru yang dilakukan Bapenda Sultra itu menyesuaikan dengan kemampuan masyarakat dalam membayar tunggakan PKB dengan cara dicicil.

"Ide tabungan pajak itu muncul karena sebagian masyarakat terlambat dalam membayar pajak kendaraan," ucapnya saat ditemui di kantornya, Kamis (7/10/2021).

Baca juga: Bapenda Sulawesi Tenggara Peroleh Pendapatan Capai Rp50 Juta per Hari dari Samsat Drive Thru

Menurutnya, keterlambatan tersebut kemungkinan karena adanya keperluan lain dari masyarakat sehingga pajak kendaraan ditunda terus menerus hingga menunggak bertahun-tahun.

Kata dia, Bapenda Sultra menggandeng Bank Sultra untuk menerapkan Tabungan Pajak bagi masyarakat Sulawesi Tenggara.

"Tabungan Pajak ini masih dalam tahap pembahasan, kami sudah menyiapkan inovasi namun terkait mekanisme tabungannya ada pada Bank Sultra," ujarnya.

Kata dia, terdapat syarat dan ketentuan bagi masyarakat yang hendak membayar pajak kendaraan yaitu apabila telah memasukan uangnya maka tak bisa ditarik kembali.

"Kenapa tak bisa ditarik kembali karena dana tersebut memang khusus untuk pembayaran pajak dengan sistem cicil bagi yang mengalami keterlambatan," jelasnya.

Baca juga: Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Sulawesi Tenggara Capai Rp1,5 Miliar per Hari

Sekretaris Bapenda Sultra ini berharap dengan adanya inovasi yang dilakukan tersebut, bakal meringankan beban masyarakat untuk membayar pajak kendaraan.

Dengan begitu, kata dia, pendapatan daerah pada sektor pajak bisa menjadi optimal dan bahkan dapat bertambah. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved