Breaking News:

Kendari Kita

Sulkarnain Kadir Sebut Peran Strategis Kehadiran GPMB di Kota Kendari, Literasi Warga Hindari Hoax

Hadirnya Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) disambut baik oleh stakeholder dan pemerintah.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Hadirnya Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) disambut baik oleh stakeholder dan pemerintah.

Di antaranya, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir. Ia menyampaikan jika GPMB memiliki peran yang sangat strategis dengan kemajuan teknologi.

"Apalagi di tengah situasi masyarakat saat ini memiliki kualitas literasi atau minat baca yang masih rendah, kualitas literasi kita masih harus ditingkatkan," kata Sulkarnain Kadir.

Ditambah lagi masyarakat Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), lebih banyak menghabiskan waktu di rumah lantaran pandemi Covid-19.

Menurutnya, literasi sangat penting untuk menghindari hoax dan berita-berita yang tidak bertanggung jawab, serta melatih masyarakat mengungkapkan gagasan dan idenya dengan benar.

Baca juga: Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kota Kendari Resmi Dilantik, Ini 3 Poin yang Diamanatkan

"Tentunya dengan cara baik dan kata-kata yang punya etika. Saya pikir itu menjadi tugas GPMB, saya titipkan supaya bisa diterapkan dengan maksimal," ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyampaikan akan memberikan akses jaringan sampai ke tingkat kelurahan bahkan sampai ke RT dan RW.

"Supaya masyarakat kita ini terbiasa, seperti menulis yang benar, semakin rajin membaca," jelasnya.

Kebiasaan membaca ini diharapkan agar masyarakat jangan hanya membaca judul dan langsung menyebarkannya.

"Kan judul belum tentu menggambarkan isinya, sekarang kan seperti itu. Tiba-tiba disebar. Jadi inilah yang harus kita latih," ujarnya.

Baca juga: Kota Kendari Punya Perda Kawasan Tanpa Rokok, Dilarang Merokok di Tempat Umum dan 7 Lokasi ini!

Dengan demikian, Wali Kota Kendari ini, berharap agar GPMB Kota Kendari bisa melaksanakan amanah tersebut dengan maksimal.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir melantik Ketua dan Pengurus GPMB Kota Kendari periode 2021-2025 di Aula SMPN 9 Kendari, Senin (4/10/2021).

Sri Lestari Sulkarnain dilantik sebagai Ketua GPMB Kota Kendari periode 2021-2025. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved