Breaking News:

Berita Kendari

Sekretaris Daerah Kota Kendari Ingatkan Warga Suntik Vaksin Rabies Hewan Peliharaan

Peringatan Hari Rabies Sedunia 2021 sebagai wujud merayakan rasa cinta kasih kepada semua makhluk, khususnya hewan.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Peringatan Hari Rabies Sedunia 2021 sebagai wujud merayakan rasa cinta kasih kepada semua makhluk, khususnya hewan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Nahwa Umar saat membuka secara resmi kegiatan peringatan Hari Rabies Sedunia 2021 di Balai Karantina Pertanian Kota Kendari, Senin (4/10/2021).

"Hari ini kita tidak hanya sekedar memperingati Hari Rabies Sedunia 2021, tapi juga merayakan rasa cinta kasih kepada semua hewan di sekitar kita, di antaranya kucing, anjing, dan lainnya," ucapnya.

Nahwa Umar menyebut dengan kegiatan semacam ini penyakit rabies dapat dicegah sedini mungkin, sehingga warga dapat hidup berdekatan dengan hewan peliharaan.

Sekda Kota Kendari itu mengimbau kepada warga Kota Kendari jika membeli anjing atau kucing di toko hewan, sebaiknya terlebih dahulu untuk memberikan suntikan vaksin rabies.

Baca juga: 200 Ekor Kucing dan Anjing di Kota Kendari Divaksinasi, Peringatan Hari Rabies Sedunia 2021

"Suntikan vaksin rabies itu agar hewan peliharaan bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungannya yang baru," ujarnya. 

Selain itu, menurutnya, kontak dengan hewan peliharaan yang baru dibeli harus dibatasi, karena belum diketahui bagaimana status kesehatannya.

Nahwa Umar menjelaskan penanggulangan penyakit rabies memerlukan pendekatan one health melalui kerjasama dan komitmen lintas sektor terdiri dari kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan. 

Sebab keberhasilan pengendalian rabies sangat dipengaruhi oleh seberapa besar keterlibatan seluruh lapisan masyarakat.

Kemudian keberhasilan sosialisasi, dan dipahaminya ekologi HPR (Hewan Pembawa Rabies) dalam hal ini anjing sebagai target utama penular rabies. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved