Breaking News:

Berita Kolaka Timur

Pembangunan Bendungan Ladongi Kolaka Timur Capai 98 Persen, Impounding Sejak Akhir September 2021

Pembangunan Bendungan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur (Kolitm), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini telah mencapai 98 persen.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Bendungan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pembangunan Bendungan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur (Kolitm), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini telah mencapai 98 persen.

Sehingga dengan persentase yang dikerjakan Balai Wilayah Sungai IV Sulawesi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR telah siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Humas Balai Wilayah Sungai IV Sulawesi Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Rahmat Sanusi mengatakan peresmian Bendungan Ladongi rencananya pada akhir Oktober 2021.

"Tersisa dua persen dari pembangunan bendungan itu, tinggal sisa taman dan juga satu helipad yang belum jadi," ucapnya, Senin (4/10/2021).

Lebih lanjut, Rahmat Sanusi mengatakan saat ini telah dilakukan impounding atau penampungan air di bendungan tersebut.

"Dalam impounding tentunya tidak langsung terisi satu kali, pastinya membutuhkan waktu empat hingga lima bulan," ujarnya.

Diketahui, Pemerintah RI melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengelontorkan Rp1,14 triliun pembangunan Bendungan Ladongi menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Selain itu, pembangunan Bendungan Ladongi tersebut dengan sistem multi years dimulai sejak 2016 pada tahap pertama.

Daya tampung mencapai 45,95 juta meter kubik, bendungan dengan luas genangan 185,57 hektar are (ha) itu diproyeksikan terisi dengan air secara keseluruhan pada Januari 2022.

Bendungan ini akan menyiapkan air baku dengan debit 0,12 meter kubik per detik. Bendungan Ladongi juga mampu menghasilkan listrik dengan tenaga air sebesar 1,30 megawatt. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved