Breaking News:

Berita Konawe

Masyarakat Anggaberi Ramai-ramai Demo PDAM Konawe, Sebut Pelayan Air Bersih Buruk Sejak 2019

Para pengunjuk rasa itu menilai kualitas pelayanan dari PDAM Tirta Darma Konawe dalam mendistribusikan air bersih buruk.

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Muhammad Israjab
Arman Tosepu
Puluhan Konsorsium Pemuda dan Masyarakat Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe melakukan demonstrasi di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Tirta Darma Konawe, Kamis (30/9/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Puluhan Konsorsium Pemuda dan Masyarakat Kecamatan Anggaberi, Kabupaten Konawe melakukan demonstrasi di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Tirta Darma Konawe, Kamis (30/9/2021).

Para pengunjuk rasa itu menilai kualitas pelayanan dari PDAM Tirta Darma Konawe dalam mendistribusikan air bersih buruk.

Dalam pernyataan sikapnya, para pengunjuk rasa ini menyatakan masyarakat yang berada di Kecamatan Anggaberi merasa tidak puas akan pelayanan PDAM Tirta Darma Konawe.

Pasalnya, distribusi air bersih milik PDAM tersebut tidak mengalir dengan lancar kerumah-rumah warga.

Baca juga: Tak Dipinjami Uang untuk Bayar Cicilan Motor, Pria Ini Bunuh Lansia Lalu Rampok Hartanya

Disisi lain, pengunjuk rasa menduga PDAM Tirta Darma tetap membebankan pembayaran retribusi kepada masyarakat ditengah buruknya kualitas pelayanan.

"Persoalan ini 2019, 2020, 2021 tidak mungkin suatu pemerintah daerah tidak memberikan kontribusi (Anggaran perbaikan dan pemeliharaan) disini," kata Agus Salim dalam orasinya.

Pengunjuk rasa juga menuding, pimpinan PDAM Tirta Darma Konawe tidak profesional dan lalai menjalankan amanah yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2013 pasal 3.

Dimana, maksud dan tujuan penyertaan modal daerah Kabupaten Konawe adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan dan pengembangan usaha serta memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dari pantauan TribunnewsSultra.com, para pengunjuk rasa sempat berdialog dengan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PDAM Tirta Darma Konawe, Ir Munawar Taligana.

Namun, tak puas jawaban dari pihak PDAM Konawe, para pengunjuk rasa kemudian beranjak meneruskan demonstrasinya di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe.

Baca juga: Jasa Raharja Sultra hingga Agustus 2021, Santuni Korban Lakalantas Rp13 Miliar Pakai Sistem Cashless

Berikut isi tuntutan para pengunjuk rasa :

1. Meminta kepada direktur PDAM Kabupaten Konawe untuk langsung mengecek kondisi air bersih yang mengalir di Kecamatan Anggaberi.

2. Memintah kepada anggota DPRD Kabupaten Konawe untuk turun sidak atas kondisi air bersih PDAM Kabupaten Konawe.

3. Mendesak Pemda Konawe untuk segera mengevaluasi kinerja PDAM Kabupaten Konawe.(*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved