Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Masyarakat Sultra Bisa Urus Berkas Tanah dengan Mudah Lewat Aplikasi LoketKu, Hanya Sekali ke BPN

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) kini telah memiliki aplikasi LoketKu.

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Kepala Kantor Wilayah Kementerian ATR-BPN Sulawesi Tenggara, Iljas Tedjo Prijono. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) kini telah memiliki aplikasi LoketKu.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian ATR-BPN Sultra, Iljas Tedjo Prijono mengatakan dengan aplikasi ini, masyarakat akan peroleh pelayanan pengurusan berkas tanah dengan lebih mudah dan cepat.

Iljas Tedjo Prijono menyebut aplikasi LoketKu diresmikan pada 24 September 2021, bertepatan dengan Hari Tani Nasional.

Iljas menyampaikan masyarakat dapat memperoleh aplikasi LoketKu melalui PlayStore untuk menginstalnya di ponsel android masing-masing.

"Di dalam aplikasi itu sudah ada cara untuk memandu pengurusan berkas tanah. Jadi data-data apa yang harus disiapkan, syarat-syarat yang harus dipenuhi di situ sudah tertera," kata Iljas, Rabu (29/9/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan data tersebut akan terinput di Kantor BPN dan nantinya akan masuk di dalam sistem. Selanjutnya, petugas menangani atau melakukan verifikasi.

"Apabila data-data tersebut memenuhi syarat, maka petugas kami akan menginformasikan kepada pemohon melalui aplikasi LoketKu agar datang ke Kantor BPN untuk proses lebih lanjut," jelasnya.

Iljas juga menyampaikan jika aplikasi ini diperuntukkan untuk mengurangi antrean di loket pelayanan khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Supaya masyarakat datang ke kantor tidak mengantre dan langsung dilayani, sehingga dengan demikian tidak lagi ada antrean yang panjang di loket pelayanan," ujarnya.

Sementara durasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi data online tersebut agar melakukan proses selanjutnya adalah tentatif atau tidak menentu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved