Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Lebih 4 Ribu Siswa Madrasah di Sulawesi Tenggara, Ikut Assesmen Nasional Berbasis Komputer

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sultra, Muhammad Saleh mengatakan kegiatan ini program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sultra, Muhammad Saleh meninjau pelaksanaan ANBK jenjang Madrasah Aliyah, di MAN 1 Kendari, kegiatan tersebut dimulai 27 hingga 30 September 2021, Senin (27/9/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sebanyak 4787 siswa madrasah se Sulawesi Tenggara (Sultra) ikut Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sultra, Muhammad Saleh mengatakan kegiatan ini program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurutnya assesmen bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret, input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

ANBK melibatkan siswa dan guru madrasah di Sultra.

"Assesmen ini perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, ANBK dirancang untuk memperbaiki kualitas dalam proses belajar mengajar diharapkan kedepannya akan meningkatkan hasil belajar murid, "ucap Saleh, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Dinas Bina Marga Sultra Janji Pengerjaan Jalan Rusak di Baruga Kendari Dilaksanakan Oktober 2021

Menurutnya, assesmen ini dilaksanakan tiga cara yaitu kompetensi minimum (AKM, literasi, numerasi), survei karakter dan survei lingkungan.

Instrumen tersebut bukan hanya diperuntukkan kepada siswa saja, namun termasuk juga guru madrasah.

Saleh menuturkan, pelaksanaannya dibagi dengan tiga jenjang madrasah (MA, MTs, dan MI). 

Namun kali ini dilaksanakan pada jenjang MA dengan jumlah peserta 45 siswa ditambah 5 peserta cadangan serta 15 peserta perwakilan guru.

"Assesmen sampai saat ini berjalan dengan baik dan tertib serta sudah mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan dan berharap tidak kendala hingga akhir,"ungkapnya.

Baca juga: XL Axiata Pastikan 70 Desa di Sekitar Danau Toba Kini Terlayani Jaringan 4G, Ditopang Ratusan BTS

Muhammad Saleh juga meninjau langsung pelaksanaan (ANBK) jenjang Madrasah Aliyah, di MAN 1 Kendari.

Kegiatan itu dilaksanakan selama 4 hari mulai 27 hingga 30 September 2021.

 
Turut mendampingi, Kepala Seksi Tenaga Kependidikan Bidang Pendidikan Madrasah, Supriadi dan Kepala MAN 1 Kendari, Tangkalalo. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved