Breaking News:

Perbaikan Kabel Laut Jasuka Penyebab Indihome dan Telkomsel Gangguan Butuh Sebulan, Gimana Internet?

Ternyata perbaikan kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) penyebab Indihome dan Telkomsel gangguan butuh waktu sekitar sebulan.

Editor: Aqsa
handover
Ternyata perbaikan kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) penyebab Indihome dan Telkomsel gangguan butuh waktu sekitar sebulan (foto ilustrasi kabel bawah laut). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Ternyata perbaikan kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) penyebab Indihome dan Telkomsel gangguan butuh waktu sekitar sebulan.

Masalah kabel di ruas Batam-Pontianak itu sebelumnya membuat layanan internet baik fixed (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel) terganggu sejak Minggu (19/09/2021).

Meski demikian, layanan Indihome dan Telkomsel diklaim sudah berangsur normal setelah terjadinya gangguan tersebut.

Terkait perbaikan kabel laut Jasuka yang menjadi penyebab gangguan itu, pihak Telkom kini sedang mengupayakan perbaikannya.

Proses perbaikan kabel laut yang terganggu tersebut diperkirakan akan berlangsung sekitar sebulan.

Telkom dalam keterangan resmi kepada KompasTekno, Rabu (22/9/2021), menyebutkan, akan segera melakukan penyambungan kabel laut yang didahului berbagai persiapan.

Persiapan seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan, dan kelengkapan yang diperlukan.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, pihaknya melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam untuk peningkatan kualitas layanan.

Kapasitas jaringan ditingkatkan melalui pengaktifan jalur back up dan alternatif, khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

“Di samping itu, kami juga melakukan penambahan kapasitas link untuk beberapa destinasi yang masih menunjukkan occupancy tinggi,” jelas Pujo.

Baca juga: Sampai Kapan Layanan Internet Telkomsel dan IndiHome Gangguan? Penjelasan Resmi PT Telkom Indonesia

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved