Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Sultra Jadi Penyumbang Baterai Kendaraan Listrik Terbesar Dunia, IKIP Bakal Serap Tenaga Kerja Lokal

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP Sulawesi Tenggara, Parinringi.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Muhammad Israjab
(Muh Ridwan Kadir/TribunnewsSultra.com)
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulawesi Tenggara Parinringi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Provinsi Sulawesi Tenggara kedepannya bakal menjadi penyumbang baterai kendaraan listrik terbesar di dunia.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP Sulawesi Tenggara, Parinringi.

Menurutnya, bahan baku pembuatan baterai untuk kendaraan listrik tersebut ada di Indonesia yaitu nikel, dan potensi terbesar terdapat di Sultra, Sulteng, dan Halmahera.

"Di Sultra sendiri telah digagas pendukung industri tersebut, yaitu IKIP atau Indonesia Konawe Indutrial Park nantinya industri tersebut akan menyuplai bahan baku pembuatan baterai listrik,"ucapnya, Rabu (22/9/2021).

Dengan pembuatan kawasan industri yang bertempat di Routa, Kabupaten Konawe, maka hal itu tentunya akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian daerah.

Baca juga: Indonesia Produsen Utama Baterai Kendaraan Listrik, Dekan FEB UHO Harap Pabriknya di Sultra

Kepala DPMPTSP Sultra itu mengatakan, jika IKIP telah beroperasi maka otomatis akan menyerap tenaga kerja lokal yang akan berdampak pada menurunnya tingkat pengangguran di Sultra.

Bukan hanya itu perputaran ekonomi juga akan semakin baik.

Parinringi menyebut, Sultra telah siap dalam menghadapi industri tersebut namun yang menjadi persoalan yaitu apakah masyarakat mendukung penuh akan kehadiran industri baru itu.

Karena menurutnya, tanpa adanya dukungan dari masyarakat serta seluruh komponen maka sebesar apapun ide dan gagasan yang direncanakan tak akan mungkin dapat terlaksana.

"Jadi semuanya harus mendukung setiap investasi yang masuk di Sultra terutama Investor besar,"imbuhnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved