Breaking News:

Berita Kolaka Timur

Kabupaten Kolaka Timur Dapat Kucuran Bantuan Internet Desa 24 Titik, Tersebar di 6 Kecamatan

Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara mendapatkan kucuran bantuan internet desa dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Bantuan Peralatan Internet Desa untuk Kolaka Timur (Koltim) 2021 dari BAKTI Kementerian Kominfo, siap diberangkatkan dari Kota Makassar menuju Koltim, Senin (20/9/2021) lalu. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KOLAKA TIMUR - Kabupaten Kolaka Timur atau Koltim, Provinsi Sulawesi Tenggara mendapatkan kucuran bantuan internet desa dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Bantuan ini sebagai upaya Bupati Koltim, Andi Merya Nur menghadirkan layanan internet di pelosok daerah, terutama pada wilayah blank spot area.

Baru-baru ini, Kabupaten Kolaka Timur mendapatkan bantuan internet desa sebanyak 24 titik, tersebar di 24 desa di-enam kecamatan.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Koltim I Nyoman Abdi mengatakan, saat ini seluruh perangkat yang bernilai Rp5 miliar ini, sudah dalam perjalanan dari Makassar ke Koltim.

Kata dia, berdasarkan informasi dari pihak Kementerian Kominfo, alat ini akan sampai sekira pada Jumat, 24 September 2021 mendatang.

Baca juga: Suasana Rujab Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur, Dijaga Satpol PP, Kendaraan Dinas Masih Terparkir

“Ini merupakan bantuan akses internet dari BAKTI Kementerian Kominfo dengan nama Internet Masuk Desa Tahun 2021," kata I Nyoman Abdi kepada TribunnewsSultra.com, Selasa (21/9/2021) kemarin.

I Nyoman Abdi mengatakan semua ini atas gerak cepat yang dipimpin Bupati Koltim Andi Merya Nur, sehingga mampu mendapatkan bantuan sebanyak ini.

"Padahal kita ini bukan daerah 3T atau Terdepan, Terluar, dan Tertinggal,” lanjut I Nyoman Abdi.

Nyoman menjelaskan, bantuan ini memiliki jenis perangkat Ku Band, dengan jenis layanan Broadband Access, di mana lama pemakaian tiga tahun atau sampai akhir 2024 sesuai program tersebut.

"Bantuan ini juga, sebagai salah satu perwujudan visi dan misi Samsul Bersama Mery untuk Kabupaten Kolaka Timur 2021 2026 atau yang dikenal dengan SBM," ujarnya.

Baca juga: Detik-detik Bupati Koltim Digiring KPK ke Polda Sultra, Penyidik Wanita Bawa Koper dan Ransel Besar

Ia menyebutkan, ke-enam kecamatan ini yakni, Ueesi dengan 10 desa, Uluiwoi tujuh desa, Aere tiga desa, Lambandia dan Poli-Polia masing-masing satu desa, serta Tinondo dua desa.

“Jika tiba pada tanggal 24 September mendatang, maka Bupati Koltim akan segera menyerahkan secara langsung bantuan ini kepada masing-masing desa," jelasnya.

Selanjutnya, bantuan tersebut bisa dibawa ke desa masing-masing lalu dipasang oleh Tim Ahli dari Kementerian Kominfo.

"Begitu semua terpasang, internet-nya bisa langsung digunakan saat itu juga,” jelasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved