Breaking News:

OTT di Koltim

Andi Merya Nur di OTT KPK, Besok Andi Muh Iqbal Tonggasa Jabat Plh Bupati Kolaka Timur Selama 7 Hari

"Semuanya telah disiapkan seperti surat, sehingga saat ini sisa ditandatangani,"ucap Ilyas melalui via telepon, Rabu (22/9/2021).

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Muhammad Israjab
Handover
Kolase Foto Andi Merya Nur (kiri) dan Andi Muh Iqbal Tonggasa (kanan) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kekosongan Pimpinan Pemerintahan Kolaka Timur (Koltim) terjadi usai Bupati Koltim Andi Merya Nur terjaring Operasi Tangkap Tangan Komisi Pemberantasan Korupsi atau OTT KPK.

Menanggapi hal tersebut, Asisten I Pemprov Sultra, Muhammad Ilyas Abibu mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi Sultra telah menyiapkan pelaksana harian atau Plh.

Sehingga ditunjuk Pelaksana Tugas atau Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Andi Muh Iqbal Tonggasa untuk mengisi kekosongan jabatan.

"Semuanya telah disiapkan seperti surat, sehingga saat ini sisa ditandatangani,"ucap Ilyas melalui via telepon, Rabu (22/9/2021).

Menurutnya, keputusan tersebut berlaku selama tujuh hari mulai besok Kamis, 23 September 2021 hingga usai pemeriksaan KPK.

Baca juga: Bupati Andi Merya Nur di OTT KPK, Diskominfo Kolaka Timur Harap ASN Tetap Bekerja Seperti Biasa

"Namun jika Bupati Koltim ditetapkan sebagai tersangka, maka Pemprov Sultra akan segera menunjuk pelaksana jabatan atau Pj.

Sementara itu, Wakil dekan (WD) I Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo (UHO), Guasman Tatawu mengatakan sesuai dengan hukum, apabila keadaan seperti itu maka yang harusnya menggantikan posisi bupati atau pimpinan adalah wakilnya. 

Namun kata Guasman, karena wakil juga tak ada dalam hal ini adanya kekosongan jabatan, maka yang harusnya di ditunjuk yaitu Sekda, walau statusnya masih pelaksana.

Guasman mengatakan hal ini dilakukan agar di dalam penyelenggaraan roda pemerintahan tetap berjalan atau aktif bukan pasif. 

Sementara untuk pemeriksaan yang dilakukan KPK sendiri waktunya tak menentu apabila barang bukti jelas dan memenuhi unsur pidana maka segera ditetapkan jadi tersangka.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved