Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Kejati Sultra Limpahkan Perkara Dugaan Korupsi Izin Tambang PT Toshida ke Jaksa Penuntut Umum

Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Kejati Sultra) melimpahkan perkara dugaan korupsi izin tambang PT Toshida Indonesia ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Penulis: Fadli Aksar | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Penyidik Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sultra) menyerahkan barang bukti dan tersangka ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri atau Kejari Kendari. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Kejati Sultra) melimpahkan perkara dugaan korupsi izin tambang PT Toshida Indonesia ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Pelimpahan ini merupakan tahap kedua dilakukan dengan menyerahkan berkas perkara dan tersangka untuk segera disidangkan.

Diketahui, dalam kasus ini, Kejati Sultra menetapkan empat tersangka dugaan korupsi penyalahgunaan penggunaan kawasan hutan dan persetujuan rencana kerja dan anggaran biaya.

Kasus dugaan korupsi ini menyeret mantan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral atau Sultra Buhardiman, Kepala Bidang Mineral dan Batubara (Minerba) ESDM Sultra Yusmin.

Sementara dua tersangka lainnya adalah Direktur PT Toshida Indonesia La Ode Sinarwan Oda dan General Manager-nya Umar.

Baca juga: Kepala Kejari Konawe Sebut Proses Penanganan Kasus Korupsi di Perusda Konawe Jaya Masih Berjalan

Asisten Intelijen Kejati Sultra Noer Adi mengatakan, penyerahan berkas perkara tahap dua ini hanya dilakukan untuk tiga tersangka, tanpa La Ode Sinarwan Oda.

Saat penyerahan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Kendari masing-masing mereka didampingi penasehat hukum. 

"Terhadap tersangka dilakukan penahanan selama 20 hari terhitung sejak 20 September 2021 sampai 9 Oktober 2021 di Rutan Kelas II A Kendari," kata Noer Adi saat dihubungi melalui WhatsApp Messenger, Selasa (21/9/2021).

Menurut Adi, setelah tahap dua ini diserahkan, JPU Kejari Kendari menyatakan surat dakwaan lengkap dan sempurna.

"Maka berkas perkara untuk tiga tersangka tersebut akan dilimpahkan ke pengadilan," tandasnya.

Baca juga: Direktur PT Toshida 4 Kali Mangkir dari Panggilan Kejati Sultra, Bebal Meski Kejagung Turun Tangan

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved