Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Disperindag Sultra Gelar Seleksi Pengembangan Desain Kemasan, Guna Tingkatkan Daya Saing Produk

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar seleksi pengembangan desain kemasan 2021.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar Seleksi Pengembangan Desain Kemasan 2021, Zenith Hotel berlokasi di Jl Malik Raya No 20, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (21/9/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar seleksi pengembangan desain kemasan 2021.

Kepala Disperindag Sultra Sitti Saleha mengatakan kemasan didesain untuk menyimpan produk, melindungi produk dari kerusakan.

Menurutnya, kemasan dibuat berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan produk yang bakal dipasarkan.

"Kemasan lebih dari sekadar alat pembungkus atau penyimpan produk semata," ucapnya usai membuka kegiatan tersebut di Zenith Hotel Kendari, Selasa (21/9/2021).

Sitti menyebut, kemasan dirancang dengan desain bagus dan terkonsep matang untuk membangun brand image agar menimbulkan persepsi dalam benak konsumen.

Baca juga: Disperindag Sulawesi Tenggara & PPEI Pelatihan Bisnis Online, Maksimalkan Produk Ekspor Daerah

Sehingga persepsi tersebut akan mempengaruhi konsumen dalam melihat produk yang ditawarkan merupakan kualitas bagus.

"Oleh karena itu, perusahaan-perusahan besar umumnya memiliki tim khusus yang melibatkan desainer produk maupun desainer grafis profesional untuk merancang kemasan produk," ujarnya.

Sitti mengatakan dalam merancang kemasan tak hanya memiliki nilai fungsional akan tetapi juga nilai estetika yang tinggi.

Dalam merancang desain kemasan yang efektif memerlukan pengetahuan luas mulai dari desain produk hingga strategi pemasaran.

"Saya berharap pelaku usaha, IKM dan UMKM dapat memaksimalkan kemasan produknya untuk meningkatkan daya saing produk," imbuhnya.

Baca juga: Disperindag Sultra Genjot Ekspor di Sektor Pertanian, Perikanan dan Perkebunan

Sitti Saleha juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut, dapat meningkatkan kualitas maupun daya saing produk.

Salah satunya dengan pengembangan desain dan kemasan produk bagi pelaku usaha di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Serta dapat memaksimalkan kegiatan ekspor pada sektor produk IKM dan UMKM. Dengan demikian lebih berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan maupun perekonomian daerah. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved