PON Papua

Cerita Al Ukminwati, Mahasiswi FKIP UHO Jadi Atlet Taekwondo Gegara Ingin Turunkan Berat Badan

Al Ukminwati terpilih mengikuti kejuaraan PON Papua 2021 mendatang mengharumkan nama UHO membawakan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Mukhtar Kamal | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Husni Husein
Rektor Universitas Halu Oleo Kendari, Prof Muhammad Zamrun melepas atlet perguruan tinggi negeri tersebut untuk bertanding pada PON Papua 2021. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Al Ukminwati terpilih mengikuti kejuaraan PON Papua 2021 mendatang mengharumkan nama Universitas Halu Oleo (UHO) membawakan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Mahasiswi Ilmu Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo atau FKIP UHO ini mewakili Sultra untuk cabang olahraga Taekwondo

Pemilik sapaan akrab Umi ini mengatakan motivasi awal hingga dirinya menjadi atlet Taekwondo gegara ingin menurunkan berat badan.

Perempuan kelahiran Desa Wawoone, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe, 12 Agustus 1998 silam ini mengaku sering menerima bullyan body shaming.

Dikarenakan selalu mendapatkan bullyan tersebut, Umi kemudian memutuskan menurunkan berat badannya dengan berolahraga. 

Baca juga: Andi Sumangerukka Bantu Rp50 Juta Atlet Sepak Takraw, Janji Beri Bonus Peraih Emas PON Papua 2021

"Saat itu saya 60 kg dan termotivasi dari bullyan semasa sekolah hingga memutuskan untuk menurunkan berat badan dengan berolahraga,'' katanya saat ditemui di Gedung Rektorat UHO, Selasa (21/9/2021).

Saat itu, dirinya lantas mencoba olahraga Taekwondo. Belakangan, Umi semakin tertarik untuk memperdalam ilmu olahraga Taekwondo tersebut.

Dengan kegigihannya yang besar, ia mampu membawa Indonesia pada kejuaraan Open Turnamen di Malaysia 2018 lalu.

"Rasa ingin mencoba bagaimana belajar olahraga taekwondo dan akhirnya menjadi hobi. Karena mungkin fisik saya kuat," jelasnya.

Al Ukminwati kini mantap bertanding dan memberikan penampilan yang terbaik untuk Sulawesi Tenggara di PON Papua 2021.

Baca juga: Rektor Lepas Atlet UHO Bertanding di PON Papua 2021, Reward Beasiswa Bagi yang Berprestasi

"Persiapan sudah 95 persen. Saat ini memperbanyak latihan khusus seperti latihan strategi untuk taktik pertandingan," ucapnya.

Menurutnya, atlet asal Jawa Tengah dan Jawa Barat menjadi lawan terberatnya pada PON XX Papua 2021 mendatang.

"Latihannya sama, hanya mungkin mereka lebih berpengalaman karena mereka ini merupakan jebolan atlet Sea Games," ujarnya.

Umi berharap ke depannya, bisa lolos Pelatnas sehingga dapat mewakili Indonesia pada ajang Sea Games, Asean Games atau Olimpiade Internasional.

Sementara itu, Pelatih Cabang Olahraga Taekwondo, Balung mengatakan saat ini atlet didikannya telah mantap bertanding pada PON Papua 2021.

Baca juga: Atlet Bulu Tangkis & Pencak Silat Mantap Bertanding di PON Papua, Latihan Taktik dan Strategi Tempur

"Selama ini kita sudah memasuki latihan khusus untuk menghadapi PON Papua 2021, jadi secara fisik dan teknik kami sudah matang," katanya.

Balung menambahkan atlet didikannya saat ini mendapatkan pelatihan persiapan mental untuk menghadapi lawan saat bertanding di PON Papua 2021.

"Saya rasa semua atlet di seluruh Indonesia itu sudah memliki fisik dan mental yang sama," ujarnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved