Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Gelar Peringatan Teknologi Tepat Guna Nasional 2021, Pemprov Sultra Upaya Dorong Kesejahteraan Desa

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan peringatan Teknologi Tepat Guna Nasional 2021 bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan di daerah dan desa.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Sambutan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dalam peringatan Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII 2021 di Hotel Azizah, Jl DI Panjaitan No.100, Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (20/9/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengatakan peringatan Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional 2021 bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan di daerah dan desa.

Kata dia, peranan penting baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten dan kota untuk dapat bertukar informasi dan menyamakan persepsi.

Sinergitas tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan terlaksananya prioritas pembangunan di suatu daerah, khususnya di desa.

"Untuk membangun Indonesia maka harus dilakukan dari pinggiran agar memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Ali Mazi, Senin (20/9/2021).

Menurutnya, era globalisasi saat ini mengharuskan pemberdayaan masyarakat dalam rangka pemanfaatan teknologi tepat guna dilaksanakan secara optimal. 

Baca juga: DPRD Sultra Dukung Rencana Pemprov Sulawesi Tenggara Bangun Jembatan Penghubung Tabanggele-Bondoala

Hal itu agar masyarakat mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dipasarkan sehingga ada nilai tambah dan berdaya saing.

Peningkatan tersebut, kata Gubernur Sulawesi Tenggara ini, nantinya akan berdampak pada kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Menurutnya, dibutuhkan upaya dari pemerintah kabupaten dan kota untuk menyusun program strategis yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi secara maksimal.

"Dalam upaya tersebut maka akses masyarakat terhadap teknologi tepat guna pun mesti ditingkatkan," kata dia. 

Ali Mazi mengatakan akses tersebut antara lain memberikan pelayanan teknis dan informasi serta orientasi dan promosi teknologi tepat guna melalui pos pelayanan teknologi (posyantek) yang diharapkan terbentuk di desa.

Baca juga: Gubernur Sultra, Kapolda, Kasrem, 18 Lembaga Adat & Kerukunan Teken 6 Poin Deklarasi Damai

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved