Breaking News:

Tanggapi Kasus Warga Ditangkap karena Bentangkan Poster ke Jokowi, DPR akan Minta Penjelasan Kapolri

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir memastikan komisinya bakal menanyakan perihal penangkapan tersebut kepada Kapolri.

Editor: Clarissa Fauzany
KOMPAS.COM/ASIP HASANI
Seorang pria membentangkan poster ke arah rombongan mobil Presiden Jokowi di Kota Blitar, Selasa (7/9/2021) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Komisi III DPR memberikan tanggapannya terkait penangkapan sejumlah warga yang membentangkan poster kepada Presiden Joko Widodo.

Dilansir Tribunnews.com, penangkapan itu terjadi ketika Jokowi melakukan kunjungan ke Blitar, Jawa Timur dan Solo, Jawa Tengah.

Kala itu terdapat beberapa warga yang membentangkan poster ke arah rombongan Presiden.

Berkaitan dengan hal itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir memastikan komisinya bakal menanyakan perihal penangkapan tersebut kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Itu kan kita harus tanya dulu kepada pihak kepolisian masalahnya apa. Kan tidak serta merta polisi kan langsung menangkap atau apa. Jadi nanti akan kami tanyakan ke pak Kapolri," kata Adies di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Selidiki Penyebab Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Polisi Libatkan Warga Binaan sebagai Saksi

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa Universitas Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, ditangkap pihak kepolisian karena hendak membentangkan poster saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke universitas tersebut, pada Senin (13/9/2021) kemarin.

Foto seorang mahasiswa UNS yang menyambut kedatangan Jokowi dengan membentangkan poster bertuliskan 'Pak Tolong Benahi KPK'
Foto seorang mahasiswa UNS yang menyambut kedatangan Jokowi dengan membentangkan poster bertuliskan 'Pak Tolong Benahi KPK' (Tribun Solo)

Seminggu sebelumnya, seorang pria di Blitar juga diamankan saat Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kota Blitar pada 7 Agustus 2021.

Pria tersebut diamankan karena membentangkan poster saat mobil yang membawa Jokowi tengah melintas hendak menuju ke makam Bung Karno.

Baca juga: Polisi Sebut Pria yang Ditangkap karena Bentangkan Poster ke Presiden Tidak Ditahan

Poster tersebut bertuliskan "Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar."

Namun, polisi tak menahan para warga itu. Polisi menjelaskan bahwa para warga itu kemudian dipulangkan ke rumah masing-masing.

"Kalau urusan-urusan ini kan pidana ya pidana umum kita harus tanyakan dulu pada yang menyidiknya gitu lah. Apakah ada hal-hal yang dilanggar atau tidak nanti kita akan Komisi III dalam rapat dengar pendapat kita akan tanyakan ke Pak Kapolri terkait hal ini, di Blitar tadi ya," ujar Adies.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul DPR Akan Minta Penjelasan Kapolri Soal Warga Ditangkap karena Bentangkan Poster ke Jokowi

(Tribunnews.com/chaerul umam)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved